Sabtu, 21 Oktober 2017 | 13.33 WIB
Metro24Jam>SainsTek>Tak Berkategori>Ini Dia, Superbaterai Fleksibel yang Bisa Bikin HP Anda Tahan 1 Minggu

Ini Dia, Superbaterai Fleksibel yang Bisa Bikin HP Anda Tahan 1 Minggu

Rabu, 23 November 2016 - 02:00 WIB

IMG-3

Superkapasitor, pengganti baterai yang membuat HP tahan 1 minggu sekali cas, dan hanya butuh waktu beberapa detik untuk mengecasnya ulang.

metro24jam.com – Ini mungkin menjadi akhir masa menjengkelkan dari persoalan mengecas handphone Anda setiap malam–dan tetap saja selalu kekurangan daya.

Para peneliti baru-baru ini telah mengungkapkan metode untuk membuat super kapasitor yang bisa mengubah cara kita mengecas mulai dari handphone hingga peralatan elektronik lainnya.

Seperti dilaporkan DailyMail, Selasa (22/11), mereka mengatakan bahwa baterai itu juga hanya butuh waktu beberapa detik untuk mengecasnya dan akan bertahan setidaknya untuk satu minggu.

Tim dari University of Central Florida mengatakan bahwa superkapasitor fleksibel buatan mereka bisa menyimpan energi lebih banyak dan bisa dicas ulang hingga 30 ribu kali tanpa mengalami penurunan kemampuan.

“Jika mereka mampu menggantikan baterai dengan superkapasitor ini, Anda akan bisa mengecas telepon genggam hanya dalam beberapa detik dan tak perlu melakukannya lagi selama lebih dari satu minggu,” ujar Nitin Choudhary, mahasiswa pascasarjana yang menerbitkan tentang penelitian ini di jurnal ACS Nano.

Metode yang ditemukan oleh Pusat Teknologi dan NanoSains University of Central Florida itu pada akhirnya akan merevolusi teknologi beragam yang saat ini terdapat pada telepon genggam dan kendaraan listrik.

Peneliti mempelajari penggunaan material nano untuk meningkatkan superkapasitor yang bisa memperbesar atau bahkan menggantikan baterai pada peralatan elektronik.

Namun demikian, mereka menemukan bahwa superkapasitor yang bisa menyimpan energi seperti pada baterai lithium-ion masih terlalu mahal. (asp/dm)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Methylene Blue, Antioksidan Melawan Penuaan
- Kamis, 1 Juni 2017 - 00:17 WIB

Methylene Blue, Antioksidan Melawan Penuaan

Antioksidan yang umum digunakan sebagai pewarna di laboratorium suatu hari nanti bakal ditambahkan ke produk perawatan kulit sebagai cara untuk ...
Penelitian Terakhir Luar Angkasa: Tak Didapat Bukti Adanya Alien
- Rabu, 26 April 2017 - 01:46 WIB

Penelitian Terakhir Luar Angkasa: Tak Didapat Bukti Adanya Alien

Memindai ribuan bintang yang jauh untuk menemukan jejak sinyal laser--yang oleh beberapa ilmuwan diperkirakan bisa memberi tanda-tanda kehidupan asing yang ...
Ini Bocoran Terbaru iPhone 8
- Kamis, 12 Januari 2017 - 07:04 WIB

Ini Bocoran Terbaru iPhone 8

Mungkin masih beberapa bulan lagi sebelum launching, tapi rumor tentang Apple iPhone 8 terus meramaikan jagat maya.Rumor terbaru datang dari ...
Berani Coba? Ilmuwan Bisa Memprediksi Lama Usia Anda dengan Tes Darah!
- Sabtu, 7 Januari 2017 - 08:48 WIB

Berani Coba? Ilmuwan Bisa Memprediksi Lama Usia Anda dengan Tes Darah!

Ini mungkin terdengar seperti premis film fiksi ilmiah. Tapi, percaya atau tidak, para ilmuwan di Boston University mengklaim telah menemukan ...
2017 Tiba, Sebagian Ponsel Tak Lagi Bisa Gunakan WhatsApp
- Senin, 2 Januari 2017 - 03:15 WIB

2017 Tiba, Sebagian Ponsel Tak Lagi Bisa Gunakan WhatsApp

Tahun 2017 tiba dan akhirnya WhatsApp mulai memblokir beberapa smartphone dari layanannya yang sangat populer.WhatsApp sudah lebih dulu memperingatkan para ...
Ilmuwan Michigan Ciptakan Nanogenerator, Alat yang Bisa Ngecas HP Selama Seminggu
- Sabtu, 10 Desember 2016 - 23:02 WIB

Ilmuwan Michigan Ciptakan Nanogenerator, Alat yang Bisa Ngecas HP Selama Seminggu

Hari-hari di mana Anda harus membawa charger ponsel ke mana-mana mungkin akan segera berakhir. Peneliti Michigan telah mengungkapkan sebuah terobosan ...