Minggu, 18 Februari 2018 | 15.56 WIB
Metro24Jam>SainsTek>Tak Berkategori>Ilmuwan Michigan Ciptakan Nanogenerator, Alat yang Bisa Ngecas HP Selama Seminggu

Ilmuwan Michigan Ciptakan Nanogenerator, Alat yang Bisa Ngecas HP Selama Seminggu

Sabtu, 10 Desember 2016 - 23:02 WIB

IMG-5

Nanogenerator

MICHIGAN, metro24jam.com – Hari-hari di mana Anda harus membawa charger ponsel ke mana-mana mungkin akan segera berakhir. Peneliti Michigan telah mengungkapkan sebuah terobosan besar untuk mengumpulkan energi dari gerakan manusia. Mereka mengatakan, alat itu bisa sebuah smartphone memiliki energi selama sepekan dengan hanya mengumpulkan energi dari gerakan menggesek (swipe).

Perangkat murah buatan Michigan State University, yang dikenal sebagai, nanogenerator, sudah menjalani pengujian.

Para ilmuwan berhasil mengoperasikan layar sentuh LCD, sebuah kumpulan dari 20 lampu LED dan keyboard fleksibel, dengan hanya gerakan menyentuh atau menekan sederhana dan tanpa bantuan baterai.

Terobosan yang sudah diterbitkan dalam jurnal Nano Energi itu mengatakan: “Kita sedang berada ke arah di mana perangkat wearable menggunakan daya yang diperoleh dari gerakan manusia,” kata Nelson Sepulveda, profesor teknik listrik dan komputer dan peneliti utama proyek.

“Perkiraan saya dalam waktu yang relatif singkat adalah, kemampuan untuk tidak harus mengisi daya ponsel Anda selama satu minggu misalnya, karena energi dari hasil gerakan Anda sendiri,” kata Sepulveda, yang penelitiannya didanai oleh National Science Foundation .

Proses itu dimulai dengan wafer silikon, yang kemudian dibuat dengan beberapa lapisan atau lembaran tipis zat ramah lingkungan, termasuk perak, polimida dan polypropylene ferroelectret.

Ion kemudian ditambahkan sehingga setiap lapisan dalam perangkat mengandung partikel bermuatan. Energi listrik akan timbul ketika perangkat ditekan oleh gerak yang dilakukan manusia, atau energi mekanik.

Perangkat komplit itu disebut ferroelectret nanogenerator biokompatibel, atau FENG, dan itu hanya setebal selembar kertas.

Alat yang digunakan untuk menyalakan lampu LED bisa seukuran telapak tangan, sementara perangkat yang digunakan untuk menyalakan layar sentuh hanya sebesar permukaan ujung jari.

“Dengan keunggulannya yang ringan, fleksibel, biokompatibel, terukur, murah dan kuat, bisa membuat FENG menjadi metode yang menjanjikan sebagai alternatif untuk mengkonversi energi mekanik bagi banyak perangkat elektronik seperti headset nirkabel, telepon seluler dan perangkat layar sentuh lainnya,” kata studi tersebut.

Perangkat ini juga akan menjadi lebih kuat bila dilipat. “Setiap kali melipatnya maka Anda akan meningkatkan secara eksponensial jumlah tegangan yang timbul,” kata Sepulveda.

“Anda memulainya dengan perangkat yang besar, tapi ketika anda melipatnya, lagi dan lagi, perangkat ini akan semakin kecil tapi mengandung lebih banyak energi, sampai benar-benar mengecil sehingga Anda mungkin bisa menempatkannya pada tumit sepatu yang dirancang khusus, sehingga setiap kali Anda melangkah, maka energi akan timbul,” lanjut Sepulveda.

Sepulveda dan timnya juga sedang mengembangkan teknologi yang bisa memindahkan energi dari hentakan tumit ke sebuah perangkat elektronik, misalnya, wireless headset. (asp/dm)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
4 Mitos Menyesatkan Soal Makanan Organik dan Hasil Rekayasa Genetik
- Selasa, 13 Februari 2018 - 16:38 WIB

4 Mitos Menyesatkan Soal Makanan Organik dan Hasil Rekayasa Genetik

Bagi sebagian konsumen, berbelanja di supermarket kadang harus dilakukan dengan membuat keputusan luar biasa.Setelah debat panjang di lorong belanjaan, dan ...
Hasil Penelitian: Hindari Menikah pada Valentine Day
- Senin, 12 Februari 2018 - 11:59 WIB

Hasil Penelitian: Hindari Menikah pada Valentine Day

14 Februari. Kedengarannya seperti hari paling romantis untuk melangsungkan pernikahan di tahun ini. Tapi, pasangan yang memilih mengikat janji setia ...
Begini Wajah Asli Nenek Moyang Orang Inggris yang Berasal dari Afrika
- Rabu, 7 Februari 2018 - 15:25 WIB

Begini Wajah Asli Nenek Moyang Orang Inggris yang Berasal dari Afrika

Orang Inggris kuno ternyata memiliki kulit hitam, rambut hitam keriting dan mata biru, menurut hasil uji DNA. Melansir ...
Chrome64, Browser Pembungkam Iklan dan Video Otomatis di Website
- Jumat, 26 Januari 2018 - 20:21 WIB

Chrome64, Browser Pembungkam Iklan dan Video Otomatis di Website

Beberapa hal menjengkelkan mungkin muncul ketika Anda membuka satu situs internet saat sebuah iklan tiba-tiba saja muncul satu halaman penuh ...
Blippar, Aplikasi Pengenal Wajah Futuristik
- Minggu, 7 Januari 2018 - 14:53 WIB

Blippar, Aplikasi Pengenal Wajah Futuristik

Anda segera bisa mengidentifikasi orang yang menggunakan aplikasi pengenal wajah futuristik melalui smartphone. Perangkat lunak bekerja dengan memindai wajah lalu ...
29 Tempat Paling Menakjubkan di Muka Bumi (2)
- Sabtu, 2 Desember 2017 - 22:46 WIB

29 Tempat Paling Menakjubkan di Muka Bumi (2)

Planet Bumi penuh dengan tempat-tempat unik. Beberapa di antaranya terbentuk dari formasi tanah selama ribuan tahun, sementara yang lainnya merupakan ...