Sabtu, 29 April 2017 | 08.39 WIB
Metro24Jam>SainsTek>Tak Berkategori>2017 Tiba, Sebagian Ponsel Tak Lagi Bisa Gunakan WhatsApp

2017 Tiba, Sebagian Ponsel Tak Lagi Bisa Gunakan WhatsApp

Senin, 2 Januari 2017 - 03:15 WIB

IMG-7

WhatsApp tak lagi mendukung Blackberry, Nokia, Android versi terdahulu dan Nokia. GettyImages/DailyStar

CALIFORNIA, metro24jam.com – Tahun 2017 tiba dan akhirnya WhatsApp mulai memblokir beberapa smartphone dari layanannya yang sangat populer.

WhatsApp sudah lebih dulu memperingatkan para penggunanya awal tahun ini bahwa beberapa perangkat tidak lagi didukung oleh aplikasi tersebut pada akhir 2016 termasuk beberapa perangkat iPhone, Android, BlackBerry dan Nokia.

Perusahaan milik Facebook yang berulang tahun ke-7 pada Februari lalu itu mengatakan bahwa perubahan teknologi yang begitu dramatis sejak kelahirannya menjadi penyebab keputusan drastis ini.

Dalam sebuah pernyataan di blog mereka, WhatsApp menyatakan: “Mengingat pandangan kami untuk tujuh tahun ke depan, kami ingin memfokuskan upaya pada platform mobile yang digunakan sebagian besar orang. Jadi, pada akhir 2016, kami akan mengakhiri dukungan WhatsApp Messenger pada beberapa platform mobile.”

“Perangkat mobile telah menjadi bagian penting dari kehidupan, tapi tiak semua memberikan kemampuan yang kami butuhkan untuk memperluas fitur aplikasi kami di masa depan.”

“Ini merupakan suatu keputusan sulit yang harus kami lakukan, tapi akan sangat tepat untuk memberikan para pengguna cara yang lebih baik dalam berkomunikasi dengan teman, keluarga dan orang-orang terkasih menggunakan WhatsApp.”

“Untungnya, setelah pengumuman dari WhatsApp ini, ada sedikit perubahan untuk pengguna BlackBerry dan Nokia sehingga dapat menggunakan layanan ini dalam beberapa bulan lagi.”

Dalam update terbaru pada blog perusahaan, mereka menyatakan: “Kami akan memperpanjang dukungan untuk BlackBerry OS, BlackBerry 10, Nokia S40 dan Nokia Symbian S60 hingga 30 Juni 2017.”

Sayangnya, tak semua orang akan merasa gembira, karena sebagian ponsel dipastikan tak lagi bisa berkomunikasi menggunakan WhatsApp sejak 1 Januari 2017.

Perangkat yang dimaksud termasuk: Android 2.1 dan Android 2.2, Windows Phone 7 serta iPhone 3GS/iOS 6.

Ada beberapa perubahan besar lainnya yang bakal dilakukan WhatsApp tahun ini.

Aplikasi perpesanan yang paling populer di dunia ini akan segera mengizinkan miliaran penggunanya mencabut, menarik atau mengedit pesan yang telah dikirim ke kontak dalam aplikasi chat.

Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk mengedit–atau benar-benar mencabut–pesan yang dikirim secara tak sengaja, serta teks apapun dengan kesalahan konten atau pengetikan.

WhatsApp sedang melakukan ujicoba fitur baru pada sejumlah perangkat iPhone dan ini akan segera menjangkau smartphone Anda.

Menurut para penguji, menekan dan menahan pada pesan yang dikirim saat ini akan memunculkan dua pilihan menu baru, Edit dan Revoke (cabut).

Pilihan Edit akan membuat Anda bisa merevisi isi pesan sebelumnya, sedangkan Revoke memungkinkan secara untuk menghapus teks dari percakapan.

Tapi jangan terlalu semangat dulu, kemampuan untuk mencabut pesan hanya akan bekerja bila penerima belum membuka pesan.

WhatsApp saat ini dapat menghapus pesan dari perangkat Anda sendiri, namun pesan yang dihapus akan tetap terlihat ke penerima. (asp/dstar)


KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Penelitian Terakhir Luar Angkasa: Tak Didapat Bukti Adanya Alien
- Rabu, 26 April 2017 - 01:46 WIB

Penelitian Terakhir Luar Angkasa: Tak Didapat Bukti Adanya Alien

Memindai ribuan bintang yang jauh untuk menemukan jejak sinyal laser--yang oleh beberapa ilmuwan diperkirakan bisa memberi tanda-tanda kehidupan asing yang ...
Ini Bocoran Terbaru iPhone 8
- Kamis, 12 Januari 2017 - 07:04 WIB

Ini Bocoran Terbaru iPhone 8

Mungkin masih beberapa bulan lagi sebelum launching, tapi rumor tentang Apple iPhone 8 terus meramaikan jagat maya.Rumor terbaru datang dari ...
Berani Coba? Ilmuwan Bisa Memprediksi Lama Usia Anda dengan Tes Darah!
- Sabtu, 7 Januari 2017 - 08:48 WIB

Berani Coba? Ilmuwan Bisa Memprediksi Lama Usia Anda dengan Tes Darah!

Ini mungkin terdengar seperti premis film fiksi ilmiah. Tapi, percaya atau tidak, para ilmuwan di Boston University mengklaim telah menemukan ...
Ilmuwan Michigan Ciptakan Nanogenerator, Alat yang Bisa Ngecas HP Selama Seminggu
- Sabtu, 10 Desember 2016 - 23:02 WIB

Ilmuwan Michigan Ciptakan Nanogenerator, Alat yang Bisa Ngecas HP Selama Seminggu

Hari-hari di mana Anda harus membawa charger ponsel ke mana-mana mungkin akan segera berakhir. Peneliti Michigan telah mengungkapkan sebuah terobosan ...
Ini Dia, Superbaterai Fleksibel yang Bisa Bikin HP Anda Tahan 1 Minggu
- Rabu, 23 November 2016 - 02:00 WIB

Ini Dia, Superbaterai Fleksibel yang Bisa Bikin HP Anda Tahan 1 Minggu

Ini mungkin menjadi akhir masa menjengkelkan dari persoalan mengecas handphone Anda setiap malam--dan tetap saja selalu kekurangan daya.Para peneliti ...



style="display:inline-block;width:300px;height:250px"
data-ad-client="ca-pub-8646561816153740"
data-ad-slot="1242332518">