Rabu, 13 Desember 2017 | 08.15 WIB
Metro24Jam>SainsTek>Tak Berkategori>2017 Tiba, Sebagian Ponsel Tak Lagi Bisa Gunakan WhatsApp

2017 Tiba, Sebagian Ponsel Tak Lagi Bisa Gunakan WhatsApp

Senin, 2 Januari 2017 - 03:15 WIB

IMG-7

WhatsApp tak lagi mendukung Blackberry, Nokia, Android versi terdahulu dan Nokia. GettyImages/DailyStar

CALIFORNIA, metro24jam.com – Tahun 2017 tiba dan akhirnya WhatsApp mulai memblokir beberapa smartphone dari layanannya yang sangat populer.

WhatsApp sudah lebih dulu memperingatkan para penggunanya awal tahun ini bahwa beberapa perangkat tidak lagi didukung oleh aplikasi tersebut pada akhir 2016 termasuk beberapa perangkat iPhone, Android, BlackBerry dan Nokia.

Perusahaan milik Facebook yang berulang tahun ke-7 pada Februari lalu itu mengatakan bahwa perubahan teknologi yang begitu dramatis sejak kelahirannya menjadi penyebab keputusan drastis ini.

Dalam sebuah pernyataan di blog mereka, WhatsApp menyatakan: “Mengingat pandangan kami untuk tujuh tahun ke depan, kami ingin memfokuskan upaya pada platform mobile yang digunakan sebagian besar orang. Jadi, pada akhir 2016, kami akan mengakhiri dukungan WhatsApp Messenger pada beberapa platform mobile.”

“Perangkat mobile telah menjadi bagian penting dari kehidupan, tapi tiak semua memberikan kemampuan yang kami butuhkan untuk memperluas fitur aplikasi kami di masa depan.”

“Ini merupakan suatu keputusan sulit yang harus kami lakukan, tapi akan sangat tepat untuk memberikan para pengguna cara yang lebih baik dalam berkomunikasi dengan teman, keluarga dan orang-orang terkasih menggunakan WhatsApp.”

“Untungnya, setelah pengumuman dari WhatsApp ini, ada sedikit perubahan untuk pengguna BlackBerry dan Nokia sehingga dapat menggunakan layanan ini dalam beberapa bulan lagi.”

Dalam update terbaru pada blog perusahaan, mereka menyatakan: “Kami akan memperpanjang dukungan untuk BlackBerry OS, BlackBerry 10, Nokia S40 dan Nokia Symbian S60 hingga 30 Juni 2017.”

Sayangnya, tak semua orang akan merasa gembira, karena sebagian ponsel dipastikan tak lagi bisa berkomunikasi menggunakan WhatsApp sejak 1 Januari 2017.

Perangkat yang dimaksud termasuk: Android 2.1 dan Android 2.2, Windows Phone 7 serta iPhone 3GS/iOS 6.

Ada beberapa perubahan besar lainnya yang bakal dilakukan WhatsApp tahun ini.

Aplikasi perpesanan yang paling populer di dunia ini akan segera mengizinkan miliaran penggunanya mencabut, menarik atau mengedit pesan yang telah dikirim ke kontak dalam aplikasi chat.

Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk mengedit–atau benar-benar mencabut–pesan yang dikirim secara tak sengaja, serta teks apapun dengan kesalahan konten atau pengetikan.

WhatsApp sedang melakukan ujicoba fitur baru pada sejumlah perangkat iPhone dan ini akan segera menjangkau smartphone Anda.

Menurut para penguji, menekan dan menahan pada pesan yang dikirim saat ini akan memunculkan dua pilihan menu baru, Edit dan Revoke (cabut).

Pilihan Edit akan membuat Anda bisa merevisi isi pesan sebelumnya, sedangkan Revoke memungkinkan secara untuk menghapus teks dari percakapan.

Tapi jangan terlalu semangat dulu, kemampuan untuk mencabut pesan hanya akan bekerja bila penerima belum membuka pesan.

WhatsApp saat ini dapat menghapus pesan dari perangkat Anda sendiri, namun pesan yang dihapus akan tetap terlihat ke penerima. (asp/dstar)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
29 Tempat Paling Menakjubkan di Muka Bumi (2)
- Sabtu, 2 Desember 2017 - 22:46 WIB

29 Tempat Paling Menakjubkan di Muka Bumi (2)

Planet Bumi penuh dengan tempat-tempat unik. Beberapa di antaranya terbentuk dari formasi tanah selama ribuan tahun, sementara yang lainnya merupakan ...
29 Tempat Paling Menakjubkan di Muka Bumi (1)
- Sabtu, 2 Desember 2017 - 22:22 WIB

29 Tempat Paling Menakjubkan di Muka Bumi (1)

Planet Bumi penuh dengan tempat-tempat unik. Beberapa di antaranya terbentuk dari formasi tanah selama ribuan tahun, sementara yang lainnya merupakan ...
Simak Fitur Baru WhatsApp Ini!
- Sabtu, 2 Desember 2017 - 11:01 WIB

Simak Fitur Baru WhatsApp Ini!

Dalam perbincangan di grup WhatsApp, mungkin akan sulit membuat suara Anda diperhatikan sesama teman. Tapi, satu fitur baru akan memastikan ...
Anda Seorang Pengguna iPhone atau iPad? Siap-siap Menerima Kejutan Ini!
- Kamis, 30 November 2017 - 19:59 WIB

Anda Seorang Pengguna iPhone atau iPad? Siap-siap Menerima Kejutan Ini!

Google telah digugat atas nama jutaan pengguna di Inggris, karena dianggap telah melakukan pelanggaran privasi, setelah secara diam-diam ternyata mengakses ...
Rp2,6 Juta/Kg! Musang King, Durian Termahal di Dunia
- Kamis, 16 November 2017 - 07:02 WIB

Rp2,6 Juta/Kg! Musang King, Durian Termahal di Dunia

Ini nih, durian termahal di dunia. Namanya Musang King alias Raja Musang. Tak diketahui dengan pasti alasan penamaan tersebut. Mungkin, ...
Populasi Orangutan Liar di Kalimantan Turun 25 Persen
- Senin, 13 November 2017 - 17:22 WIB

Populasi Orangutan Liar di Kalimantan Turun 25 Persen

Penyusutan hutan, konflik dan perburuan liar serta perubahan iklim merupakan penyebab utama menurunnya populasi orangutan di Kalimantan hingga 25% dalam ...