Rabu, 28 Juni 2017 | 19.09 WIB
Metro24Jam>SainsTek>Tak Berkategori>Berani Coba? Ilmuwan Bisa Memprediksi Lama Usia Anda dengan Tes Darah!

Berani Coba? Ilmuwan Bisa Memprediksi Lama Usia Anda dengan Tes Darah!

Sabtu, 7 Januari 2017 - 08:48 WIB

IMG-9

Tes darah ini bisa memprediksi lama usia seseorang. DailyMail/GettyImages

BOSTON, metro24jam.com – Ini mungkin terdengar seperti premis film fiksi ilmiah. Tapi, percaya atau tidak, para ilmuwan di Boston University mengklaim telah menemukan tes darah yang bisa membantu memprediksi rentang hidup seseorang.

Dilaporkan DailyMail, penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Aging Cell, Jumat (6/1) itu, menggunakan data yang dikumpulkan dari 5.000 sampel darah dan perkembangan kesehatan donor kemudian dianalisis selama delapan tahun berikutnya.

Para ilmuwan kemudian mengidentifikasi pola yang diperoleh, apakah baik atau buruk, khususnya peluang terkena penyakit seiring bertambahnya usia, seperti kanker, penyakit jantung dan diabetes.

Berdasarkan data itu, para peneliti kemudian menentukan 26 penanda (biomarker) prediktif yang berbeda.

Dengan terobosan tersebut, berarti pasien bakal bisa mengidentifikasi risiko kesehatan yang realistis lebih awal–dan yang terpenting, mengubah perilaku untuk mengubah hasilnya.

Pimpinan peneliti, Profesor Dr Paola Sebastiani dan Dr Thomas Perls mengatakan: “Penanda ini bisa menggambarkan perbedaan lama usia seseorang, dan akan menjanjikan prakiraan masa penuaan yang lebih sehat, perubahan fungsi otak dan fisik, kelangsungan hidup serta penyakit yang berkaitan dengan usia seperti jantung, stroke, diabetes tipe 2 dan kanker.”

“Alat ini akan menentukan tahapan definisi penuaan berbasis molekul memanfaatkan informasi dari beberapa penanda tubuh untuk menghasilkan indikator terkait kematian yang berbeda serta risiko morbiditas,” kata mereka.

“Saat ini, banyak perkiraan dan perhitungan risiko sudah ada untuk memprediksi penyakit tertentu seperti penyakit jantung,” imbuh mereka.

“Namun demkikian, kami mengambil langkah lain untuk menunjukkan bahwa pola-pola tertentu kelompok penanda dalam tubuh bisa menunjukkan seberapa baik seseorang menua dan risiko mereka terkena sindrom dan penyakit terkait usia,” pungkasnya.

Para peneliti memberi catatan bahwa studi lebih lanjut pada kelompok orang yang lebih besar masih diperlukan untuk mendapatkan hasil yang lebih pasti. (asp/dm)


KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Methylene Blue, Antioksidan Melawan Penuaan
- Kamis, 1 Juni 2017 - 00:17 WIB

Methylene Blue, Antioksidan Melawan Penuaan

Antioksidan yang umum digunakan sebagai pewarna di laboratorium suatu hari nanti bakal ditambahkan ke produk perawatan kulit sebagai cara untuk ...
Penelitian Terakhir Luar Angkasa: Tak Didapat Bukti Adanya Alien
- Rabu, 26 April 2017 - 01:46 WIB

Penelitian Terakhir Luar Angkasa: Tak Didapat Bukti Adanya Alien

Memindai ribuan bintang yang jauh untuk menemukan jejak sinyal laser--yang oleh beberapa ilmuwan diperkirakan bisa memberi tanda-tanda kehidupan asing yang ...
Ini Bocoran Terbaru iPhone 8
- Kamis, 12 Januari 2017 - 07:04 WIB

Ini Bocoran Terbaru iPhone 8

Mungkin masih beberapa bulan lagi sebelum launching, tapi rumor tentang Apple iPhone 8 terus meramaikan jagat maya.Rumor terbaru datang dari ...
2017 Tiba, Sebagian Ponsel Tak Lagi Bisa Gunakan WhatsApp
- Senin, 2 Januari 2017 - 03:15 WIB

2017 Tiba, Sebagian Ponsel Tak Lagi Bisa Gunakan WhatsApp

Tahun 2017 tiba dan akhirnya WhatsApp mulai memblokir beberapa smartphone dari layanannya yang sangat populer.WhatsApp sudah lebih dulu memperingatkan para ...
Ilmuwan Michigan Ciptakan Nanogenerator, Alat yang Bisa Ngecas HP Selama Seminggu
- Sabtu, 10 Desember 2016 - 23:02 WIB

Ilmuwan Michigan Ciptakan Nanogenerator, Alat yang Bisa Ngecas HP Selama Seminggu

Hari-hari di mana Anda harus membawa charger ponsel ke mana-mana mungkin akan segera berakhir. Peneliti Michigan telah mengungkapkan sebuah terobosan ...
Ini Dia, Superbaterai Fleksibel yang Bisa Bikin HP Anda Tahan 1 Minggu
- Rabu, 23 November 2016 - 02:00 WIB

Ini Dia, Superbaterai Fleksibel yang Bisa Bikin HP Anda Tahan 1 Minggu

Ini mungkin menjadi akhir masa menjengkelkan dari persoalan mengecas handphone Anda setiap malam--dan tetap saja selalu kekurangan daya.Para peneliti ...