Senin, 23 April 2018 | 02.42 WIB
Metro24Jam>SainsTek>Tak Berkategori>Berani Coba? Ilmuwan Bisa Memprediksi Lama Usia Anda dengan Tes Darah!

Berani Coba? Ilmuwan Bisa Memprediksi Lama Usia Anda dengan Tes Darah!

Sabtu, 7 Januari 2017 - 08:48 WIB

IMG-9

Tes darah ini bisa memprediksi lama usia seseorang. DailyMail/GettyImages

BOSTON, metro24jam.com – Ini mungkin terdengar seperti premis film fiksi ilmiah. Tapi, percaya atau tidak, para ilmuwan di Boston University mengklaim telah menemukan tes darah yang bisa membantu memprediksi rentang hidup seseorang.

Dilaporkan DailyMail, penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Aging Cell, Jumat (6/1) itu, menggunakan data yang dikumpulkan dari 5.000 sampel darah dan perkembangan kesehatan donor kemudian dianalisis selama delapan tahun berikutnya.

Para ilmuwan kemudian mengidentifikasi pola yang diperoleh, apakah baik atau buruk, khususnya peluang terkena penyakit seiring bertambahnya usia, seperti kanker, penyakit jantung dan diabetes.

Berdasarkan data itu, para peneliti kemudian menentukan 26 penanda (biomarker) prediktif yang berbeda.

Dengan terobosan tersebut, berarti pasien bakal bisa mengidentifikasi risiko kesehatan yang realistis lebih awal–dan yang terpenting, mengubah perilaku untuk mengubah hasilnya.

Pimpinan peneliti, Profesor Dr Paola Sebastiani dan Dr Thomas Perls mengatakan: “Penanda ini bisa menggambarkan perbedaan lama usia seseorang, dan akan menjanjikan prakiraan masa penuaan yang lebih sehat, perubahan fungsi otak dan fisik, kelangsungan hidup serta penyakit yang berkaitan dengan usia seperti jantung, stroke, diabetes tipe 2 dan kanker.”

“Alat ini akan menentukan tahapan definisi penuaan berbasis molekul memanfaatkan informasi dari beberapa penanda tubuh untuk menghasilkan indikator terkait kematian yang berbeda serta risiko morbiditas,” kata mereka.

“Saat ini, banyak perkiraan dan perhitungan risiko sudah ada untuk memprediksi penyakit tertentu seperti penyakit jantung,” imbuh mereka.

“Namun demkikian, kami mengambil langkah lain untuk menunjukkan bahwa pola-pola tertentu kelompok penanda dalam tubuh bisa menunjukkan seberapa baik seseorang menua dan risiko mereka terkena sindrom dan penyakit terkait usia,” pungkasnya.

Para peneliti memberi catatan bahwa studi lebih lanjut pada kelompok orang yang lebih besar masih diperlukan untuk mendapatkan hasil yang lebih pasti. (asp/dm)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Bioteknologi Balitbangtan Berhasil Kembangkan Jeruk Medan Tanpa Biji
- Senin, 16 April 2018 - 02:16 WIB

Bioteknologi Balitbangtan Berhasil Kembangkan Jeruk Medan Tanpa Biji

Jeruk merupakan salah satu buah yang sangat digemari di mana-mana. Ini disebabkan keunggulan buah yang rasanya enak (manis), bergizi tinggi, ...
Gelang Pintar Ini akan Memberitahu Jika Anda Sedang Dalam Bahaya
- Sabtu, 14 April 2018 - 09:12 WIB

Gelang Pintar Ini akan Memberitahu Jika Anda Sedang Dalam Bahaya

Seorang mahasiswa pascasarjana Universitas Alabama berhasil mengembangkan alat yang tidak biasa untuk memerangi ancaman kekerasan seksual bagi wanita.Perangkat canggih itu ...
Benua Afrika Mungkin Terpisah! Retakan Besar Panjang Ditemukan di Kenya
- Minggu, 1 April 2018 - 10:54 WIB

Benua Afrika Mungkin Terpisah! Retakan Besar Panjang Ditemukan di Kenya

Satu rekahan besar yang sudah membentang sejauh beberapa mil panjang dan seakan mulai membelah Kenya memicu kekhawatiran bahwa Afrika akhirnya ...
Peristiwa Langka! Ular Boa Kembar Siam, Masing-masing Memiliki Jantung dan Saluran Pencernaan
- Senin, 19 Maret 2018 - 08:08 WIB

Peristiwa Langka! Ular Boa Kembar Siam, Masing-masing Memiliki Jantung dan Saluran Pencernaan

Baru-baru ini seorang peternak ular asal California baru saja mendapatkan seekor bayi ular Boa kembar Siam. Lahir dengan dua kepala ...
4 Mitos Menyesatkan Soal Makanan Organik dan Hasil Rekayasa Genetik
- Selasa, 13 Februari 2018 - 16:38 WIB

4 Mitos Menyesatkan Soal Makanan Organik dan Hasil Rekayasa Genetik

Bagi sebagian konsumen, berbelanja di supermarket kadang harus dilakukan dengan membuat keputusan luar biasa.Setelah debat panjang di lorong belanjaan, dan ...
Hasil Penelitian: Hindari Menikah pada Valentine Day
- Senin, 12 Februari 2018 - 11:59 WIB

Hasil Penelitian: Hindari Menikah pada Valentine Day

14 Februari. Kedengarannya seperti hari paling romantis untuk melangsungkan pernikahan di tahun ini. Tapi, pasangan yang memilih mengikat janji setia ...