Senin, 23 April 2018 | 02.40 WIB
Metro24Jam>SainsTek>Tak Berkategori>Ini Bocoran Terbaru iPhone 8

Ini Bocoran Terbaru iPhone 8

Kamis, 12 Januari 2017 - 07:04 WIB

IMG-11

iPhone 8. Dailymail/Marek Weldlich

CUPERTINO, metro24jam.com – Mungkin masih beberapa bulan lagi sebelum launching, tapi rumor tentang Apple iPhone 8 terus meramaikan jagat maya.

Rumor terbaru datang dari ‘rantai penyuplai hulu’ yang menunjukkan bahwa perusahaan Cupertino itu disebutkan akan menyingkirkan penutup belakang aluminium dari produk mereka.

Sebagai penggantinya, back cover dirancang dengan proses penempaan baja antikarat (stainless steel) yang menyatukan dua panel kaca dan diperkuat dengan bingkai logam.

Rumor terbaru ini pertama kali dilaporkan oleh surat kabar Tiongkok, DigiTimes, yang mengungkapkan bahwa komponen baru itu akan dipesan dari Foxconn perusahaan elektronik yang berbasis di Jabil, Amerika Serikat –perusahaan yang sebelumnya telah bekerjasama dengan Apple dalam menciptakan iPhone 4, seperti dilaporkan 9to5Mac.

“Bezel logam akan terbuat dari baja antikarat yang menggunakan proses penempaan untuk meningkatkan kekokohan serta mengurangi biaya dan waktu pembuatan,” laporan DigiTimes.

Selain membuat desain iPhone 8 menjadi lebih ramping, langkah ini akan menjamin panel kaca bagian depan dan belakang saling mengikat.

Dan desain itu akan mengurangi biaya pembuatan sebesar 30 hingga 50 persen.

Menggunakan baja antikarat membuat iPhone 8 kembali waktu lampau, karena paduan logam ini awalnya digunakan pada varian iPhone 4.

Namun demikian, hal itu juga berarti bahwa perangkat ini akan menjadi salah satu smartphone terkuat produksi Apple.

Spekulasi ini konsisten dibumbui dengan rumor besar lainnya–dikatakan iPhone akan menggunakan OLED melengkung, yang akan membuat layar iPhone 8 mencakup edge-to-edge.

Selain rumor mengenai desain body iPhone 8, Apple juga sudah menerima paten baru yang merujuk pada layar edge-to-edge.

Paten yang disebut ‘Perangkat Elektronik Memiliki Display dengan Pembuka’ menjelaskan metode bahwa komponen elektronik seperti kamera dan speaker akan ditempatkan di bawah layar.

Menurut AppleInsider, bukaan di layar akan sangat kecil sehingga ‘tak terlihat oleh mata manusia’–menghasilkan ‘layar yang benar-benar edge-to-edge’.

Pengaturan ini juga memungkinkan untuk menambahkan berbagai sensor di dalam smartphone bisa mengirimkan informasi ke layar.

“Komponen elektronik dapat dipasang sejajar dengan satu atau lebih bukaan di layar,” bunyi paten yang diajukan pada Februari 2015 itu

“Sinyal terkait dengan komponen elektronik akan dapat melewati bukaan.”

“Sinyal-sinyal itu termasuk sinyal akustik dan elektromagnetik, seperti frekuensi radio dan cahaya.

“Komponen elektronik memungkinkan dari struktur yang menggunakan cahaya, seperti kamera, sensor cahaya, sensor jarak berbasis cahaya, lampu status indikator, sensor array sentuh berbasis cahaya atau layar sekunder yang memiliki tampilan piksel yang mungkin dilihat melalui bukaan.”

Apple kemungkinan akan menggunakan desain ini, karena perusahaan akan bersaing dengan pembuat smartphone lainnya dalam merancang smartphone tertipis dan kompak. Dan cara terbaik untuk melakukan ini adalah untuk menghapus semua fitur dari daerah luar dan menyembunyikan mereka di bawah layar.

Dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuang semua fitur di bagian luar lalu menempatkannya di bawah layar. (asp/dm)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Bioteknologi Balitbangtan Berhasil Kembangkan Jeruk Medan Tanpa Biji
- Senin, 16 April 2018 - 02:16 WIB

Bioteknologi Balitbangtan Berhasil Kembangkan Jeruk Medan Tanpa Biji

Jeruk merupakan salah satu buah yang sangat digemari di mana-mana. Ini disebabkan keunggulan buah yang rasanya enak (manis), bergizi tinggi, ...
Gelang Pintar Ini akan Memberitahu Jika Anda Sedang Dalam Bahaya
- Sabtu, 14 April 2018 - 09:12 WIB

Gelang Pintar Ini akan Memberitahu Jika Anda Sedang Dalam Bahaya

Seorang mahasiswa pascasarjana Universitas Alabama berhasil mengembangkan alat yang tidak biasa untuk memerangi ancaman kekerasan seksual bagi wanita.Perangkat canggih itu ...
Benua Afrika Mungkin Terpisah! Retakan Besar Panjang Ditemukan di Kenya
- Minggu, 1 April 2018 - 10:54 WIB

Benua Afrika Mungkin Terpisah! Retakan Besar Panjang Ditemukan di Kenya

Satu rekahan besar yang sudah membentang sejauh beberapa mil panjang dan seakan mulai membelah Kenya memicu kekhawatiran bahwa Afrika akhirnya ...
Peristiwa Langka! Ular Boa Kembar Siam, Masing-masing Memiliki Jantung dan Saluran Pencernaan
- Senin, 19 Maret 2018 - 08:08 WIB

Peristiwa Langka! Ular Boa Kembar Siam, Masing-masing Memiliki Jantung dan Saluran Pencernaan

Baru-baru ini seorang peternak ular asal California baru saja mendapatkan seekor bayi ular Boa kembar Siam. Lahir dengan dua kepala ...
4 Mitos Menyesatkan Soal Makanan Organik dan Hasil Rekayasa Genetik
- Selasa, 13 Februari 2018 - 16:38 WIB

4 Mitos Menyesatkan Soal Makanan Organik dan Hasil Rekayasa Genetik

Bagi sebagian konsumen, berbelanja di supermarket kadang harus dilakukan dengan membuat keputusan luar biasa.Setelah debat panjang di lorong belanjaan, dan ...
Hasil Penelitian: Hindari Menikah pada Valentine Day
- Senin, 12 Februari 2018 - 11:59 WIB

Hasil Penelitian: Hindari Menikah pada Valentine Day

14 Februari. Kedengarannya seperti hari paling romantis untuk melangsungkan pernikahan di tahun ini. Tapi, pasangan yang memilih mengikat janji setia ...