Selasa, 22 Agustus 2017 | 15.58 WIB
Metro24Jam>SainsTek>Tak Berkategori>Ini Bocoran Terbaru iPhone 8

Ini Bocoran Terbaru iPhone 8

Kamis, 12 Januari 2017 - 07:04 WIB

IMG-11

iPhone 8. Dailymail/Marek Weldlich

CUPERTINO, metro24jam.com – Mungkin masih beberapa bulan lagi sebelum launching, tapi rumor tentang Apple iPhone 8 terus meramaikan jagat maya.

Rumor terbaru datang dari ‘rantai penyuplai hulu’ yang menunjukkan bahwa perusahaan Cupertino itu disebutkan akan menyingkirkan penutup belakang aluminium dari produk mereka.

Sebagai penggantinya, back cover dirancang dengan proses penempaan baja antikarat (stainless steel) yang menyatukan dua panel kaca dan diperkuat dengan bingkai logam.

Rumor terbaru ini pertama kali dilaporkan oleh surat kabar Tiongkok, DigiTimes, yang mengungkapkan bahwa komponen baru itu akan dipesan dari Foxconn perusahaan elektronik yang berbasis di Jabil, Amerika Serikat –perusahaan yang sebelumnya telah bekerjasama dengan Apple dalam menciptakan iPhone 4, seperti dilaporkan 9to5Mac.

“Bezel logam akan terbuat dari baja antikarat yang menggunakan proses penempaan untuk meningkatkan kekokohan serta mengurangi biaya dan waktu pembuatan,” laporan DigiTimes.

Selain membuat desain iPhone 8 menjadi lebih ramping, langkah ini akan menjamin panel kaca bagian depan dan belakang saling mengikat.

Dan desain itu akan mengurangi biaya pembuatan sebesar 30 hingga 50 persen.

Menggunakan baja antikarat membuat iPhone 8 kembali waktu lampau, karena paduan logam ini awalnya digunakan pada varian iPhone 4.

Namun demikian, hal itu juga berarti bahwa perangkat ini akan menjadi salah satu smartphone terkuat produksi Apple.

Spekulasi ini konsisten dibumbui dengan rumor besar lainnya–dikatakan iPhone akan menggunakan OLED melengkung, yang akan membuat layar iPhone 8 mencakup edge-to-edge.

Selain rumor mengenai desain body iPhone 8, Apple juga sudah menerima paten baru yang merujuk pada layar edge-to-edge.

Paten yang disebut ‘Perangkat Elektronik Memiliki Display dengan Pembuka’ menjelaskan metode bahwa komponen elektronik seperti kamera dan speaker akan ditempatkan di bawah layar.

Menurut AppleInsider, bukaan di layar akan sangat kecil sehingga ‘tak terlihat oleh mata manusia’–menghasilkan ‘layar yang benar-benar edge-to-edge’.

Pengaturan ini juga memungkinkan untuk menambahkan berbagai sensor di dalam smartphone bisa mengirimkan informasi ke layar.

“Komponen elektronik dapat dipasang sejajar dengan satu atau lebih bukaan di layar,” bunyi paten yang diajukan pada Februari 2015 itu

“Sinyal terkait dengan komponen elektronik akan dapat melewati bukaan.”

“Sinyal-sinyal itu termasuk sinyal akustik dan elektromagnetik, seperti frekuensi radio dan cahaya.

“Komponen elektronik memungkinkan dari struktur yang menggunakan cahaya, seperti kamera, sensor cahaya, sensor jarak berbasis cahaya, lampu status indikator, sensor array sentuh berbasis cahaya atau layar sekunder yang memiliki tampilan piksel yang mungkin dilihat melalui bukaan.”

Apple kemungkinan akan menggunakan desain ini, karena perusahaan akan bersaing dengan pembuat smartphone lainnya dalam merancang smartphone tertipis dan kompak. Dan cara terbaik untuk melakukan ini adalah untuk menghapus semua fitur dari daerah luar dan menyembunyikan mereka di bawah layar.

Dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuang semua fitur di bagian luar lalu menempatkannya di bawah layar. (asp/dm)


KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Methylene Blue, Antioksidan Melawan Penuaan
- Kamis, 1 Juni 2017 - 00:17 WIB

Methylene Blue, Antioksidan Melawan Penuaan

Antioksidan yang umum digunakan sebagai pewarna di laboratorium suatu hari nanti bakal ditambahkan ke produk perawatan kulit sebagai cara untuk ...
Penelitian Terakhir Luar Angkasa: Tak Didapat Bukti Adanya Alien
- Rabu, 26 April 2017 - 01:46 WIB

Penelitian Terakhir Luar Angkasa: Tak Didapat Bukti Adanya Alien

Memindai ribuan bintang yang jauh untuk menemukan jejak sinyal laser--yang oleh beberapa ilmuwan diperkirakan bisa memberi tanda-tanda kehidupan asing yang ...
Berani Coba? Ilmuwan Bisa Memprediksi Lama Usia Anda dengan Tes Darah!
- Sabtu, 7 Januari 2017 - 08:48 WIB

Berani Coba? Ilmuwan Bisa Memprediksi Lama Usia Anda dengan Tes Darah!

Ini mungkin terdengar seperti premis film fiksi ilmiah. Tapi, percaya atau tidak, para ilmuwan di Boston University mengklaim telah menemukan ...
2017 Tiba, Sebagian Ponsel Tak Lagi Bisa Gunakan WhatsApp
- Senin, 2 Januari 2017 - 03:15 WIB

2017 Tiba, Sebagian Ponsel Tak Lagi Bisa Gunakan WhatsApp

Tahun 2017 tiba dan akhirnya WhatsApp mulai memblokir beberapa smartphone dari layanannya yang sangat populer.WhatsApp sudah lebih dulu memperingatkan para ...
Ilmuwan Michigan Ciptakan Nanogenerator, Alat yang Bisa Ngecas HP Selama Seminggu
- Sabtu, 10 Desember 2016 - 23:02 WIB

Ilmuwan Michigan Ciptakan Nanogenerator, Alat yang Bisa Ngecas HP Selama Seminggu

Hari-hari di mana Anda harus membawa charger ponsel ke mana-mana mungkin akan segera berakhir. Peneliti Michigan telah mengungkapkan sebuah terobosan ...
Ini Dia, Superbaterai Fleksibel yang Bisa Bikin HP Anda Tahan 1 Minggu
- Rabu, 23 November 2016 - 02:00 WIB

Ini Dia, Superbaterai Fleksibel yang Bisa Bikin HP Anda Tahan 1 Minggu

Ini mungkin menjadi akhir masa menjengkelkan dari persoalan mengecas handphone Anda setiap malam--dan tetap saja selalu kekurangan daya.Para peneliti ...