Selasa, 21 November 2017 | 16.45 WIB
Metro24Jam>SainsTek>Tak Berkategori>Peringatan Bagi Wanita! Alkohol Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Peringatan Bagi Wanita! Alkohol Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Kamis, 9 November 2017 - 11:32 WIB

IMG-54

Anggur dan bir. (Healthtimes)

VIRGINIA, metro24jam.com – Tidak setiap hari, sekelompok dokter kanker terkemuka di satu negara meminta orang agar mengekang kebiasaan minum alkohol.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Selasa (7/11/2017), Perkumpulan Onkologi Klinis Amerika (American Society of Clinical Oncology-ASCO) menggarisbawahi penelitian terkait dua jenis kanker yang disebabkan alkohol, dan mengimbau agar orang Amerika mengurangi minuman berakohol mereka.

“ASCO percaya bahwa sikap proaktif ini bertujuan untuk meminimalkan paparan alkohol berlebihan yang memiliki implikasi penting dalam pencegahan kanker,” bunyi pernyataan tersebut, seperti dikutip ScienceAlert dari Journal of Clinical Oncology

Ini adalah pertama kalinya organisasi tersebut mengambil sikap terkait alkohol dan kanker. Meski begitu, ini bukan pertama kalinya penelitian tersebut menemukan hubungan yang kuat antara keduanya.

Musim panas lalu, dua kelompok penelitian utama menemukan bukti kuat bahwa minum alkohol–sebanyak satu gelas anggur atau bir sehari–meningkatkan risiko pengembangan kanker payudara pra atau pun pasca menopause.

Untuk membuat laporan tersebut, para ilmuwan dari Institut Penelitian Kanker Amerika dan Dana Penelitian Kanker Dunia mempelajari 119 penelitian dari seluruh dunia, lalu menggabungkan data dari sekitar 12 juta wanita serta terhadap 260.000 kasus kanker payudara.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat (AS) diketahui mencantumkan label pada minuman keras yang menyebutkan bahwa alkohol adalah karsinogen (penyebab kanker) terhadap manusia.

Penelitian yang disorot oleh Institut Kanker Nasional AS menunjukkan bahwa, semakin banyak minuman keras yang Anda teguk–apalagi semakin secara teratur–maka semakin tinggi risiko Anda akan terkena kanker.

Meski demikian, sebelum menuang semua anggur dari dalam lemari Anda, perlu diingat bahwa, para periset tidak mengatakan bahwa setiap tumpukan gelas meningkatkan peluang Anda terkena kanker.

“Kami tidak mengatakan tidak ada yang boleh minum sama sekali. Kami hanya mengatakan, jika Anda minum, apalagi mencoba untuk menguranginya kurang dari satu gelas sehari, akan merupakan pilihan cerdas,” kata Alice Bender, seorang ahli diet yang diakui, kepala program nutrisi untuk AICR, kepada Business Insider pada bulan Mei lalu.

Para peneliti di balik pernyataan terbaru ASCO tampaknya menyetui hal itu.

“Pesannya bukan, ‘Jangan minum.’ Tapi, ‘Jika Anda ingin mengurangi risiko kanker, kurangilah meminumnya. Dan jika Anda tidak minum, jangan mulai’,” kata Noelle LoConte, profesor di University of Wisconsin-Madison yang menjadi penulis utama hasil penelitian ASCO tersebut, kepada New York Times.

Alkohol bukanlah merupakan satu-satunya faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam hal mengurangi risiko kanker–gen, kebiasaan olahraga, dan paparan polutan juga berperan penting dalam hal itu.

Studi terbaru itu juga menemukan, misalnya, bahwa jumlah olahraga yang banyak dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara signifikan.

Wanita yang lebih aktif, dalam penelitian itu, disebut memiliki risiko terkena kanker lebih rendah dibanding mereka yang sedikit berolahraga.

“Senang melihat ketika Anda melakukan diet dan aktivitas fisik serta mencari tempat untuk bisa memperbaiki diri, mulai dengan beberapa langkah sederhana setiap hari, untuk mengurangi risiko dan memperbaiki kesehatan,” kata Bender.

“Sedikit perubahan bisa membuat perbedaan nyata,” imbuhnya. (asp/sci)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Rp2,6 Juta/Kg! Musang King, Durian Termahal di Dunia
- Kamis, 16 November 2017 - 07:02 WIB

Rp2,6 Juta/Kg! Musang King, Durian Termahal di Dunia

Ini nih, durian termahal di dunia. Namanya Musang King alias Raja Musang. Tak diketahui dengan pasti alasan penamaan tersebut. Mungkin, ...
Populasi Orangutan Liar di Kalimantan Turun 25 Persen
- Senin, 13 November 2017 - 17:22 WIB

Populasi Orangutan Liar di Kalimantan Turun 25 Persen

Penyusutan hutan, konflik dan perburuan liar serta perubahan iklim merupakan penyebab utama menurunnya populasi orangutan di Kalimantan hingga 25% dalam ...
Sudah Teruji, Anak Negeri Temukan Obat Berkhasiat untuk Segala Jenis Penyakit Kronis
- Minggu, 5 November 2017 - 12:05 WIB

Sudah Teruji, Anak Negeri Temukan Obat Berkhasiat untuk Segala Jenis Penyakit Kronis

Kemajuan di berbagai bidang teknologi kini merambah ke Indonesia. Salah satunya perkembangan di bidang kesehatan. Salah satu temuan anak bangsa ...
Manfaatkan Kotoran Kambing, Dosen dan Mahasiswa FMIPA Unimed Buat Pupuk Organik Cair
- Minggu, 5 November 2017 - 00:15 WIB

Manfaatkan Kotoran Kambing, Dosen dan Mahasiswa FMIPA Unimed Buat Pupuk Organik Cair

Dengan memanfaatkan air seni dan kotoran hewan ternak kambing, Dra Anna Juniar MSi, ilmuwan dan Dosen Fakultas MIPA, Universitas Negeri ...
Apa Saja yang Ada dalam iPhone X, Ini Rahasianya!
- Sabtu, 4 November 2017 - 14:16 WIB

Apa Saja yang Ada dalam iPhone X, Ini Rahasianya!

Mempreteli ponsel baru seharga US$999 (± Rp 13,5 juta) mungkin tampak sebagai ide bodoh. Tapi pembongkaran pertama dari iPhone X ...
Perkenalkan! Ini Orangutan Batak, Kakak Tertua Semua Orangutan
- Jumat, 3 November 2017 - 15:24 WIB

Perkenalkan! Ini Orangutan Batak, Kakak Tertua Semua Orangutan

Para ilmuwan baru saja mengungkapkan bahwa ternyata ada tiga spesies orangutan, bukan hanya dua, seperti yang diketahui sebelumnya. Dan temuan ...