Rabu, 17 Januari 2018 | 19.43 WIB
Metro24Jam>SainsTek>Tak Berkategori>Blippar, Aplikasi Pengenal Wajah Futuristik

Blippar, Aplikasi Pengenal Wajah Futuristik

Minggu, 7 Januari 2018 - 14:53 WIB

IMG-100

Blippar dapat mengenali ratusan ribu figur publik. (Blippar)

LONDON, metro24jam.com – Anda segera bisa mengidentifikasi orang yang menggunakan aplikasi pengenal wajah futuristik melalui smartphone. Perangkat lunak bekerja dengan memindai wajah lalu menampilkan profil, berikut informasi tentang orang tersebut, termasuk tautan ke profil media sosial mereka.

Teknologi Augmented Reality (AR) ini diciptakan oleh perusahaan yang berbasis di London, Blippar. Perangkat dapat mengenali lebih dari 400.000 figur publik dan memiliki tingkat akurasi lebih dari 99 persen.

Bahkan, aplikasi ini bisa membedakan kembar identik seperti aktris Amerika Serikat, kembar Olsen, pelari Olimpiade Inggris Brownlee Brothers dan duet pop Irlandia Jedward.

Saat ini, aplikasi tersebut masih fokus pada pengenalan tokoh masyarakat, termasuk aktor, politisi, musisi, penyanyi, pengusaha, penulis, bintang olahraga dan ilmuwan.

Meski begitu, pengguna juga dapat membuat profil wajah mereka sendiri, yang mencakup informasi dan gambar, termasuk tautan opsional ke profil media sosial, musik favorit dan bahkan tampilan selebriti mereka sendiri.

“Profilnya adalah pengalaman opt-in yang ketat,” kata Blippar kepada Daily Mail.

Teknologi ini menggunakan penglihatan komputer yang cepat dan kecerdasan buatan untuk mengenali wajah dalam sistem. Suatu hari nanti, teknologi ini dapat dijadikan fitur dalam pemeriksaan keamanan untuk akses perbankan online serta bangunan.

“Kemampuan smartphone untuk mengenali wajah orang-=mulai dari aktor hingga olahragawan–memungkinkan untuk memuaskan rasa keingintahuan kita,” jelas Danny Lopez, Kepala Operasional Blippar.

“Ketepatan teknologi dalam membedakan kembar identik pun merupakan solusi dari tantangan kompleks bagi industri ini. Aplikasi yang lebih luas beragam, berubah dari permainan hingga membangun akses ke jaringan cerdas, keamanan dan pencegahan kecurangan,” imbuhnya.

Aplikasi Blippar, yang saat ini tersedia di iOS dan Android, awalnya menggunakan pembelajaran mesin untuk memungkinkan pengguna memindai objek sehari-hari menggunakan ponsel cerdas mereka.

Anda bisa menambahkan data pribadi agar dikenali di Blippar. (Blippar)

Perangkat lunak ini kemudian akan memberikan informasi lebih banyak tentang masing-masing objek.

Aplikasi ini juga telah digunakan untuk berbagai promosi, termasuk kemasan, poster dan majalah, di mana pemindaian item akan menjalankan pengalaman AR – seolah membawa sampul majalah ‘hidup’.

Versi yang diperbarui memungkinkan orang untuk memindai wajah untuk mengetahui lebih banyak tentang mereka.

Pengguna dapat menambahkan koneksi ke hal-hal yang sudah ada di ‘grafik pengetahuan’ Blippar, termasuk ‘objek, konsep dan entitas’.

Khusus bagi figur publik, wajah mereka dapat ditemukan melalui informasi dari grafik pengetahuan, disatukan dari sumber yang dapat diakses oleh publik.

“Augmented Reality Face Profiles akan mengubah cara kita berkomunikasi dan mengekspresikan diri,” kata Ambarish Mitra, CEO dan salah satu pendiri Blippar.

“Wajah kita adalah bentuk komunikasi kita yang paling ekspresif dan dengan rilis ini kita membiarkan ini menjadi digital untuk pertama kalinya,” lanjutnya.

Dijelaskan Mitra, teknologi pengenalan wajah ini dikombinasikan dengan grafik pengetahuan, memungkinkan orang untuk mengekspresikan diri melalui hal-hal yang mereka sukai, termasuk hobi, pendapat, fakta penting, dan banyak lagi

“Ini adalah cara baru, unik dan menyenangkan untuk menunjukkan siapa Anda dan belajar lebih banyak tentang orang lain,” pungkasnya. (dm/asp)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
29 Tempat Paling Menakjubkan di Muka Bumi (2)
- Sabtu, 2 Desember 2017 - 22:46 WIB

29 Tempat Paling Menakjubkan di Muka Bumi (2)

Planet Bumi penuh dengan tempat-tempat unik. Beberapa di antaranya terbentuk dari formasi tanah selama ribuan tahun, sementara yang lainnya merupakan ...
29 Tempat Paling Menakjubkan di Muka Bumi (1)
- Sabtu, 2 Desember 2017 - 22:22 WIB

29 Tempat Paling Menakjubkan di Muka Bumi (1)

Planet Bumi penuh dengan tempat-tempat unik. Beberapa di antaranya terbentuk dari formasi tanah selama ribuan tahun, sementara yang lainnya merupakan ...
Simak Fitur Baru WhatsApp Ini!
- Sabtu, 2 Desember 2017 - 11:01 WIB

Simak Fitur Baru WhatsApp Ini!

Dalam perbincangan di grup WhatsApp, mungkin akan sulit membuat suara Anda diperhatikan sesama teman. Tapi, satu fitur baru akan memastikan ...
Anda Seorang Pengguna iPhone atau iPad? Siap-siap Menerima Kejutan Ini!
- Kamis, 30 November 2017 - 19:59 WIB

Anda Seorang Pengguna iPhone atau iPad? Siap-siap Menerima Kejutan Ini!

Google telah digugat atas nama jutaan pengguna di Inggris, karena dianggap telah melakukan pelanggaran privasi, setelah secara diam-diam ternyata mengakses ...
Rp2,6 Juta/Kg! Musang King, Durian Termahal di Dunia
- Kamis, 16 November 2017 - 07:02 WIB

Rp2,6 Juta/Kg! Musang King, Durian Termahal di Dunia

Ini nih, durian termahal di dunia. Namanya Musang King alias Raja Musang. Tak diketahui dengan pasti alasan penamaan tersebut. Mungkin, ...
Populasi Orangutan Liar di Kalimantan Turun 25 Persen
- Senin, 13 November 2017 - 17:22 WIB

Populasi Orangutan Liar di Kalimantan Turun 25 Persen

Penyusutan hutan, konflik dan perburuan liar serta perubahan iklim merupakan penyebab utama menurunnya populasi orangutan di Kalimantan hingga 25% dalam ...