Jumat, 20 Juli 2018 | 10.03 WIB
Metro24Jam>SainsTek>Tak Berkategori>Artis Ini Minum 27 Gelas Air Sehari, Apa Itu Cocok Untuk Anda? Simak Penjelasan Para Ahli!

Artis Ini Minum 27 Gelas Air Sehari, Apa Itu Cocok Untuk Anda? Simak Penjelasan Para Ahli!

Selasa, 1 Mei 2018 - 08:18 WIB

IMG-132

Madelaine Petch (WireImages/DailyMail)

LONDON, metro24jam.com – Bintang Riverdale, Madelaine Petsch, mengungkapkan, bahwa dia minum 27 cangkir air sehari untuk menjaga tubuhnya tetap langsing.

Vegetarian beruaia 23 tahun juga bekerja enam hari seminggu selama satu setengah jam, dan menjaga asupan kalorinya kurang dari 1.700 kkal (kilo kalori) sehari. Artinya, 300 kali lebih sedikit dibanding jumlah harian yang direkomendasikan untuk wanita.

Meski begitu, ‘diet air’ tersebut yang menyebabkan kegemparan, setelah Madelaine mengungkapkan bahwa dia minum 13 botol air isi 500-mililiter setiap hari, atau dua kali lipat dari jumlah yang disarankan untuk wanita.

Menurut para ahli, kebutuhan air pada setiap orang adalah berbeda dan memperingatkan ‘diet air’ ini bisa berbahaya bagi para pemuja sang bintang, karena dapat menyebabkan kekurangan natrium (sodium) yang parah.

Bagi orang yang makan banyak sayuran khususnya, mereka tidak membutuhkan banyak air. Karena sudah mendapatkan cairan dari sumber lain.

Abbey Sharp, seorang ahli gizi di Abbey’s Kitchen, menegaskan bahwa setiap individu yang ingin melakukannya harus tetap menambahkan sedikit garam untuk mengurangi risiko yang terjadi akibat diet tersebut.

“Memaksa diri Anda untuk minum sejumlah air yang diresepkan setiap hari bisa menimbulkan bahaya Hyponatremia yang sangat nyata,” beber Abbey Sharp kepada MailOnline.

Menurut Abbey, hal itu pada dasarnya akan menyebabkan kekurangan natrium akibat kelebihan H2O atau air. Meskipun Anda mungkin pernah mendengar bahwa diet rendah sodium adalah hal yang baik (itu pasti bisa), namun dengan kadar sodium yang terlalu sedikit dalam tubuh, juga bisa mematikan!

Natrium, adalah zat elektrolit yang membantu mengatur kadar air di dalam dan di sekitar sel-sel tubuh Anda. Jika natrium Anda menjadi terlalu encer, sel-sel tubuh akan mulai membengkak.

Hal itu tak hanya bisa menyebabkan sakit kepala, kebingungan atau kelelahan, tetapi juga dapat menyebabkan kelemahan otot, kram, kejang atau bahkan koma.

Risikonya sangat tinggi bagi orang dewasa yang berusia lebih tua atau individu yang sedang menjalani pengobatan.

Peristiwa ini paling sering terlihat pada para atlet ketahanan, yang kelebihan air selama kompetisi, atau orang-orang yang mengonsumsi obat-obatan terlarang seperti ekstasi.

Meski bagi bagi beberapa orang, hal itu mungkin bisa berhasil, seperti yang diakui Madelaine dan atlet New England Patriots, Tom Brady baru-baru ini. Atlet mengungkapkan, minum air sebanyak setengah berat badannya, setiap hari!

Bintang American Football berusia 40 tahun itu, dikagumi karena kesehatan fisiknya yang luar biasa baik, sehingga di akhir karirnya bisa dibilang sebagai quarterback terbaik NFL.

Namun, pilihan gaya hidup itu sangat ekstrim: dalam buku barunya The TB12 Method, ia mengklaim, setidaknya meminum 37 gelas air setiap hari–lima kali dari jumlah yang disarankan.

Ahli gizi mengatakan, bahwa air jangan dilihat sebagai satu-satunya sumber cairan tubuh kita.

“Kebanyakan orang di seluruh dunia menderita dehidrasi kronis, padahal sebenarnya Anda bisa mendapatkan cairan dari sumber lain. Berlebihan, adalah hal yang ekstrim dan berbahaya,” kata Tammy dan Lyssie Lakatos dari Nutrition Twins, kepada Daily Mail Online.

“Keseimbangan natrium-air dalam tubuh Anda sangat sensitif. Jika merusak keseimbangan itu, Anda bisa mengalami stroke,” imbuhnya.

Sharp dan si kembar Lakatos mengakui bahwa sulit untuk menilai kebutuhan air Brady tanpa melakukan penilaian pribadi atas tingkat aktivitas, iklim dan faktor lainnya– meski harus diakui dia adalah atlet yang banyak berolahraga dan berkeringat.

“Kebutuhan hidrasi sangat individual. Bagi saya, bahwa apa yang disarankan Tom Brady, jauh lebih dari yang mungkin dia butuhkan. Bagi dia itu mungkin berhasil. Lalu siapa yang tahu, mungkin dia membutuhkan itu. Walau itu sepertinya sangat tidak mungkin,” kata Sharp.

Tom Brady. (AP)

“Rekomendasi saya adalah, semua orang harus melupakan semua standar tentang seberapa banyak Anda harus minum setiap hari,” imbuh Sharp lagi.

Lebih lanjut dikatakannya, kebutuhan individu akan cairan, bukanlah separuh berat badan, atau 2 liter, karena tak satu pun takaran yang bisa pas untuk semua.

“Dengarkan isyarat haus tubuh Anda dan sediakanlah air putih setiap saat untuk memenuhi kebuturan cairan. Periksa diri Anda secara rutin untuk melihat apakah Anda benar-benar haus dan jangan mengingkari isyarat tersebut,” tegasnya.

The Nutrition Twin merekomendasikan agar kita memeriksa warna urine sebagai cara yang baik untuk mengukur tingkat kebutuhan cairan.

“Lihatlah warna urine Anda. Jika warna jus apel, itu berarti Anda masih kurang minum. Dan jika jernih, itu baik,” jelas mereka.

Bagi mereka yang memang membutuhkan lebih banyak, bukan berarti harus menambah cangkir demi cangkir air. Orang bisa mendapatkan cairan dari buah dan sayuran dalam makanan. Jadi, tidak perlu harus minum air, karena banyak makanan yang mengandung cairan.

Madelaine Petsch, yang pola makannya vegetarian, mendapat banyak hidrasi dari sumber lain. Tom Brady, bagaimanapun, hampir tidak makan sayuran–meningkatkan kebutuhannya akan asupan air yang berlebihan.

Brady juga diketahui melakukan diet alkalin. Ide di baliknya adalah, bahwa makanan tertentu menyebabkan tubuh Anda menghasilkan asam. Daftar berikut ini, merupakan penyebabnya: cabai, paprika manis, terong, tomat, daging, gandum, susu, telur, gula rafinasi, dan makanan olahan.

Menurut koki pribadinya, makanan keluarga Brady terutama diet nabati, dengan sangat sedikit biji-bijian. Dan Brady jarang makan buah. Delapan puluh persen dari makanannya adalah sayuran organik, dengan sisanya berupa salmon atau steak.

Gaya hidup preventif seperti itu jauh melampaui apa pun yang disarankan oleh ahli gizi olahraga.

“Hanya sedikit orang yang bisa makan seperti Tom Brady. Saya tidak akan merekomendasikannya. Atlet membutuhkan karbohidrat. Anda bisa mendapatkannya dari buah dan sayuran tetapi sangat, sangat sulit,” kata Mary Jane Detroyer, seorang ahli gizi olahraga yang berbasis di New York.

Dia menambahkan, berdasarkan sains, dia tidak yakin bahwa rahasia keberhasilan Brady adalah diet rendah basanya. “Jumlah makanan yang dapat mempengaruhi tingkat asam kita sangat minim,” pungkasnya. (dm/asp)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Ini Varietas Unggul Cabai Tahan Hama Virus Belang Hasil Riset Biolitbangtan
- Kamis, 12 Juli 2018 - 14:00 WIB

Ini Varietas Unggul Cabai Tahan Hama Virus Belang Hasil Riset Biolitbangtan

Cabai sebagai salah satu dari tujuh komoditas pangan stategis, memiliki nilai ekonomi penting di Indonesia. Fluktuasi harganya dapat mempengaruhi inflasi. ...
Balitbangtan Lepas Kedelai Hasil Tinggi Berbiji Besar Biosoy 1 dan Biosoy 2
- Selasa, 3 Juli 2018 - 13:49 WIB

Balitbangtan Lepas Kedelai Hasil Tinggi Berbiji Besar Biosoy 1 dan Biosoy 2

Kedelai merupakan sumber protein nabati paling popular dengan kandungan protein yang tinggi (36-43%) bagi masyarakat Indonesia. Konsumsi utamanya dalam bentuk ...
Huawei Nova Lite 2, Tawarkan Pengalaman Baru dengan Layar FullView
- Rabu, 9 Mei 2018 - 16:04 WIB

Huawei Nova Lite 2, Tawarkan Pengalaman Baru dengan Layar FullView

Huawei kembali meluncurkan brand terbarunya. Huawei Nova Lite yang diciptakan untuk pengguna milenial yang menampilkan layar FullView dengan desain elegan ...
Keren…! Smart Watch Ini Proyeksikan Layar Sentuh di Lengan
- Selasa, 1 Mei 2018 - 07:34 WIB

Keren…! Smart Watch Ini Proyeksikan Layar Sentuh di Lengan

Ilmuwan dan peneliti di Carnegie Mellon, Pittsburgh, Pennsylvania, telah mengembangkan jam tangan pintar pertama yang membuat lengan pemakainya sebagai layar ...
Bioteknologi Balitbangtan Berhasil Kembangkan Jeruk Medan Tanpa Biji
- Senin, 16 April 2018 - 02:16 WIB

Bioteknologi Balitbangtan Berhasil Kembangkan Jeruk Medan Tanpa Biji

Jeruk merupakan salah satu buah yang sangat digemari di mana-mana. Ini disebabkan keunggulan buah yang rasanya enak (manis), bergizi tinggi, ...
Gelang Pintar Ini akan Memberitahu Jika Anda Sedang Dalam Bahaya
- Sabtu, 14 April 2018 - 09:12 WIB

Gelang Pintar Ini akan Memberitahu Jika Anda Sedang Dalam Bahaya

Seorang mahasiswa pascasarjana Universitas Alabama berhasil mengembangkan alat yang tidak biasa untuk memerangi ancaman kekerasan seksual bagi wanita.Perangkat canggih itu ...