Minggu, 19 Agustus 2018 | 01.41 WIB
Metro24Jam>SainsTek>Tak Berkategori>Rp2,6 Juta/Kg! Musang King, Durian Termahal di Dunia

Rp2,6 Juta/Kg! Musang King, Durian Termahal di Dunia

Kamis, 16 November 2017 - 07:02 WIB

IMG-58

Durian Musang King (ist)

MEDAN, metro24jam.com – Ini nih, durian termahal di dunia. Namanya Musang King alias Raja Musang. Tak diketahui dengan pasti alasan penamaan tersebut. Mungkin, saking enaknya, ini adalah makanan para raja. Dan itu memang sesuai dengan harganya, yang mencapai Rp2,6 juta per kilogram di pasaran internasional.

Mengutip dari berbagai sumber, Musang King merupakan salah satu varietas durian unggul yang sebenarnya masih berasal dari Indonesia.

Musang King adalah tanaman yang bisa menyesuaikan diri, baik ditanam di daerah dataran rendah maupun tinggi dengan kualitas serta hasil yang baik. Dan rasanya, jangan ditanya, super lezat bagi para pencinta buah berduri ini. Suatu potensi besar dalam budidaya durian dalam skala perorangan maupun industri.

Salah satu mimpi buruk petani durian ialah ketika panen buah duriannya tidak sesuai harapan dengan kualitas rasanya yang tidak manis. Akan tetapi Musang King sepertinya dapat menjadi jalan keluar dari mimpi buruk tersebut.

Melansir HarianMetro, permintaan tinggi terhadap durian Musang King menyebabkan harga raja buah itu meningkat tajam hingga mencapai RM800 atau sekitar Rp2,6 juta per kilogram di luar Malaysia.

Buah durian lezat itu memang mendapat peminat yang cukup baik, terutama dari China, Singapura, Hong Kong dan Australia. Hal itu sekaligus berdampak pada harga di pasaran lokal yang mencapai RM60 hingga RM100 atau sekitar Rp195 ribu hingga Rp324 ribu per kilogramnya.

Pengarah Jabatan Pertanian Negeri Sembilan (Setingkat Kepala Dinas Pertanian Provinsi di Indonesia), Mat Iesak Ngathinee, mengatakan, hal itu membuat dinas mereka menganjurkan para pebisnis lokal menggeluti penanaman durian Musang King yang mampu memberi keuntungan lumayan, selain untuk menjaga hasil baik dan harga di pasaran lokal maupun luar negeri.

‚ÄúDinas, mencari mereka yang berminat untuk mengusahakan penanaman itu dengan sasaran 50 peserta dan luas lahan satu hektar bagi setiap orang mulai tahun depan,” katanya.

Di Indonesia, durian jenis ini juga tumbuh dengan baik. Saat ini, banyak sekali penjual bibit durian Musang King bertebaran, termasuk melalui toko-toko online.

Sayang, program seperti di Malaysia itu, sepertinya belum masuk dalam agenda pemerintah Indonesia.

Padahal, berdasarkan penelusuran Metro24Jam di beberapa toko online, harga durian Musang King ini mencapai Rp500 ribu per kilogramnya. (hm/asp)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Ini Varietas Unggul Cabai Tahan Hama Virus Belang Hasil Riset Biolitbangtan
- Kamis, 12 Juli 2018 - 14:00 WIB

Ini Varietas Unggul Cabai Tahan Hama Virus Belang Hasil Riset Biolitbangtan

Cabai sebagai salah satu dari tujuh komoditas pangan stategis, memiliki nilai ekonomi penting di Indonesia. Fluktuasi harganya dapat mempengaruhi inflasi. ...
Balitbangtan Lepas Kedelai Hasil Tinggi Berbiji Besar Biosoy 1 dan Biosoy 2
- Selasa, 3 Juli 2018 - 13:49 WIB

Balitbangtan Lepas Kedelai Hasil Tinggi Berbiji Besar Biosoy 1 dan Biosoy 2

Kedelai merupakan sumber protein nabati paling popular dengan kandungan protein yang tinggi (36-43%) bagi masyarakat Indonesia. Konsumsi utamanya dalam bentuk ...
Huawei Nova Lite 2, Tawarkan Pengalaman Baru dengan Layar FullView
- Rabu, 9 Mei 2018 - 16:04 WIB

Huawei Nova Lite 2, Tawarkan Pengalaman Baru dengan Layar FullView

Huawei kembali meluncurkan brand terbarunya. Huawei Nova Lite yang diciptakan untuk pengguna milenial yang menampilkan layar FullView dengan desain elegan ...
Artis Ini Minum 27 Gelas Air Sehari, Apa Itu Cocok Untuk Anda? Simak Penjelasan Para Ahli!
- Selasa, 1 Mei 2018 - 08:18 WIB

Artis Ini Minum 27 Gelas Air Sehari, Apa Itu Cocok Untuk Anda? Simak Penjelasan Para Ahli!

Bintang Riverdale, Madelaine Petsch, mengungkapkan, bahwa dia minum 27 cangkir air sehari untuk menjaga tubuhnya tetap langsing.Vegetarian beruaia 23 tahun ...
Keren…! Smart Watch Ini Proyeksikan Layar Sentuh di Lengan
- Selasa, 1 Mei 2018 - 07:34 WIB

Keren…! Smart Watch Ini Proyeksikan Layar Sentuh di Lengan

Ilmuwan dan peneliti di Carnegie Mellon, Pittsburgh, Pennsylvania, telah mengembangkan jam tangan pintar pertama yang membuat lengan pemakainya sebagai layar ...
Bioteknologi Balitbangtan Berhasil Kembangkan Jeruk Medan Tanpa Biji
- Senin, 16 April 2018 - 02:16 WIB

Bioteknologi Balitbangtan Berhasil Kembangkan Jeruk Medan Tanpa Biji

Jeruk merupakan salah satu buah yang sangat digemari di mana-mana. Ini disebabkan keunggulan buah yang rasanya enak (manis), bergizi tinggi, ...