Rabu, 26 September 2018 | 08.41 WIB
Metro24Jam>SainsTek>Tak Berkategori>Blippar, Aplikasi Pengenal Wajah Futuristik

Blippar, Aplikasi Pengenal Wajah Futuristik

Minggu, 7 Januari 2018 - 14:53 WIB

IMG-100

Blippar dapat mengenali ratusan ribu figur publik. (Blippar)

LONDON, metro24jam.com – Anda segera bisa mengidentifikasi orang yang menggunakan aplikasi pengenal wajah futuristik melalui smartphone. Perangkat lunak bekerja dengan memindai wajah lalu menampilkan profil, berikut informasi tentang orang tersebut, termasuk tautan ke profil media sosial mereka.

Teknologi Augmented Reality (AR) ini diciptakan oleh perusahaan yang berbasis di London, Blippar. Perangkat dapat mengenali lebih dari 400.000 figur publik dan memiliki tingkat akurasi lebih dari 99 persen.

Bahkan, aplikasi ini bisa membedakan kembar identik seperti aktris Amerika Serikat, kembar Olsen, pelari Olimpiade Inggris Brownlee Brothers dan duet pop Irlandia Jedward.

Saat ini, aplikasi tersebut masih fokus pada pengenalan tokoh masyarakat, termasuk aktor, politisi, musisi, penyanyi, pengusaha, penulis, bintang olahraga dan ilmuwan.

Meski begitu, pengguna juga dapat membuat profil wajah mereka sendiri, yang mencakup informasi dan gambar, termasuk tautan opsional ke profil media sosial, musik favorit dan bahkan tampilan selebriti mereka sendiri.

“Profilnya adalah pengalaman opt-in yang ketat,” kata Blippar kepada Daily Mail.

Teknologi ini menggunakan penglihatan komputer yang cepat dan kecerdasan buatan untuk mengenali wajah dalam sistem. Suatu hari nanti, teknologi ini dapat dijadikan fitur dalam pemeriksaan keamanan untuk akses perbankan online serta bangunan.

“Kemampuan smartphone untuk mengenali wajah orang-=mulai dari aktor hingga olahragawan–memungkinkan untuk memuaskan rasa keingintahuan kita,” jelas Danny Lopez, Kepala Operasional Blippar.

“Ketepatan teknologi dalam membedakan kembar identik pun merupakan solusi dari tantangan kompleks bagi industri ini. Aplikasi yang lebih luas beragam, berubah dari permainan hingga membangun akses ke jaringan cerdas, keamanan dan pencegahan kecurangan,” imbuhnya.

Aplikasi Blippar, yang saat ini tersedia di iOS dan Android, awalnya menggunakan pembelajaran mesin untuk memungkinkan pengguna memindai objek sehari-hari menggunakan ponsel cerdas mereka.

Anda bisa menambahkan data pribadi agar dikenali di Blippar. (Blippar)

Perangkat lunak ini kemudian akan memberikan informasi lebih banyak tentang masing-masing objek.

Aplikasi ini juga telah digunakan untuk berbagai promosi, termasuk kemasan, poster dan majalah, di mana pemindaian item akan menjalankan pengalaman AR – seolah membawa sampul majalah ‘hidup’.

Versi yang diperbarui memungkinkan orang untuk memindai wajah untuk mengetahui lebih banyak tentang mereka.

Pengguna dapat menambahkan koneksi ke hal-hal yang sudah ada di ‘grafik pengetahuan’ Blippar, termasuk ‘objek, konsep dan entitas’.

Khusus bagi figur publik, wajah mereka dapat ditemukan melalui informasi dari grafik pengetahuan, disatukan dari sumber yang dapat diakses oleh publik.

“Augmented Reality Face Profiles akan mengubah cara kita berkomunikasi dan mengekspresikan diri,” kata Ambarish Mitra, CEO dan salah satu pendiri Blippar.

“Wajah kita adalah bentuk komunikasi kita yang paling ekspresif dan dengan rilis ini kita membiarkan ini menjadi digital untuk pertama kalinya,” lanjutnya.

Dijelaskan Mitra, teknologi pengenalan wajah ini dikombinasikan dengan grafik pengetahuan, memungkinkan orang untuk mengekspresikan diri melalui hal-hal yang mereka sukai, termasuk hobi, pendapat, fakta penting, dan banyak lagi

“Ini adalah cara baru, unik dan menyenangkan untuk menunjukkan siapa Anda dan belajar lebih banyak tentang orang lain,” pungkasnya. (dm/asp)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Penampakan COSMO AzTEC-1, Nenek Moyang Galaksi Sejagat, Jaraknya 12,4 Miliar Tahun Cahaya dari Bimasakti
- Kamis, 30 Agustus 2018 - 13:02 WIB

Penampakan COSMO AzTEC-1, Nenek Moyang Galaksi Sejagat, Jaraknya 12,4 Miliar Tahun Cahaya dari Bimasakti

Astronom berhasil merekam gambar paling tajam dari 'galaksi monster' yang mampu melahirkan bintang baru 1.000 kali lebih cepat daripada Bimasakti. ...
Ini Varietas Unggul Cabai Tahan Hama Virus Belang Hasil Riset Biolitbangtan
- Kamis, 12 Juli 2018 - 14:00 WIB

Ini Varietas Unggul Cabai Tahan Hama Virus Belang Hasil Riset Biolitbangtan

Cabai sebagai salah satu dari tujuh komoditas pangan stategis, memiliki nilai ekonomi penting di Indonesia. Fluktuasi harganya dapat mempengaruhi inflasi. ...
Balitbangtan Lepas Kedelai Hasil Tinggi Berbiji Besar Biosoy 1 dan Biosoy 2
- Selasa, 3 Juli 2018 - 13:49 WIB

Balitbangtan Lepas Kedelai Hasil Tinggi Berbiji Besar Biosoy 1 dan Biosoy 2

Kedelai merupakan sumber protein nabati paling popular dengan kandungan protein yang tinggi (36-43%) bagi masyarakat Indonesia. Konsumsi utamanya dalam bentuk ...
Huawei Nova Lite 2, Tawarkan Pengalaman Baru dengan Layar FullView
- Rabu, 9 Mei 2018 - 16:04 WIB

Huawei Nova Lite 2, Tawarkan Pengalaman Baru dengan Layar FullView

Huawei kembali meluncurkan brand terbarunya. Huawei Nova Lite yang diciptakan untuk pengguna milenial yang menampilkan layar FullView dengan desain elegan ...
Artis Ini Minum 27 Gelas Air Sehari, Apa Itu Cocok Untuk Anda? Simak Penjelasan Para Ahli!
- Selasa, 1 Mei 2018 - 08:18 WIB

Artis Ini Minum 27 Gelas Air Sehari, Apa Itu Cocok Untuk Anda? Simak Penjelasan Para Ahli!

Bintang Riverdale, Madelaine Petsch, mengungkapkan, bahwa dia minum 27 cangkir air sehari untuk menjaga tubuhnya tetap langsing.Vegetarian beruaia 23 tahun ...
Keren…! Smart Watch Ini Proyeksikan Layar Sentuh di Lengan
- Selasa, 1 Mei 2018 - 07:34 WIB

Keren…! Smart Watch Ini Proyeksikan Layar Sentuh di Lengan

Ilmuwan dan peneliti di Carnegie Mellon, Pittsburgh, Pennsylvania, telah mengembangkan jam tangan pintar pertama yang membuat lengan pemakainya sebagai layar ...