Sunday, 18 August 2019 | 08.03 WIB
Metro24Jam>SainsTek>Resmi! NASA Segera Buka Perjalanan Wisata dan Bisnis ke Stasiun Luar Angkasa

Resmi! NASA Segera Buka Perjalanan Wisata dan Bisnis ke Stasiun Luar Angkasa

Tuesday, 11 June 2019 - 13:07 WIB

IMG-153

Ilustrasi: Seorang astronot di Stasiun Luar Angkasa ISS. (Sciencealert)

FLORIDA, metro24jam.com – NASA baru saja mengumumkan bahwa mereka secara resmi telah mengizinkan warga biasa–non astronot–untuk terbang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, serta kegiatan komersial dan bisnis lainnya.

Tapi, tentu saja perjalanan itu tidak akan murah. NASA mematok harga tiket ke ISS bagi perusahaan swasta sekitar US$35.000 (Rp498 juta) per malam untuk penggunaan fasilitas stasiun, seperti dikutip ScienceAlert dari The New York Times.

Biaya itu juga belum termasuk apa yang akan ditagih perusahaan untuk transportasi ke dan dari Stasiun Luar Angkasa.

“Inovasi dan kecerdasan industri Amerika Serikat dapat mempercepat bisnis komersial yang berkembang di orbit rendah bumi,” tulis NASA dalam sebuah pernyataan.

Penelitian dan pengujian akan terus dilakukan di ISS untuk membantu NASA dengan rencananya untuk mendaratkan astronot Amerika di permukaan bulan pada 2024 mendatang.

Astronot telah melakukan pekerjaan penting di ISS selama 18 tahun, dan itu belum akan berhenti dalam waktu dekat.

NASA juga akan membuka kemungkinan kegiatan komersial dan bahkan pasar di Stasiun Luar Angkasa. Namun untuk itu, perusahaan yang berminat harus membuktikan bahwa mereka benar-benar membutuhkan lingkungan gayaberat mikro unik ‘untuk memungkinkan pembuatan, produksi atau pengembangan aplikasi komersial’.

Perusahaan yang berpusat di Las Vegas, Bigelow Aerospace, sudah berencana menggunakan roket SpaceX untuk mengantarkan hingga empat wisatawan sekaligus ke ISS.

Tapi mereka bukanlah orang biasa pertama yang mengunjungi ISS. Tujuh warga telah mengunjungi stasiun ruang angkasa dalam perjalanan yang diselenggarakan oleh Rusia, seperti yang dilaporkan The Times.

NASA will allow commercial and even marketing activities, but the companies will have to prove that they actually need the unique microgravity environment “to enable manufacturing, production or development of a commercial application.”

Las Vegas-based company Bigelow Aerospace is already planning to use SpaceX’s rockets to deliver up to four tourists at a time to the ISS.

They won’t be the first private individuals visiting the ISS. Seven citizens have visited the space station, as The Times reports, in trips organized by Russia. Anda berminat? (sci/asp)


KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Ilmuwan Temukan Pertanda Bimasaksi Akan Bentrok dengan Galaksi Lain
- Friday, 14 June 2019 - 11:12 WIB

Ilmuwan Temukan Pertanda Bimasaksi Akan Bentrok dengan Galaksi Lain

Peneliti telah menemukan bahwa akan terjadi tubrukan antara Bimasaksi dengan galaksi lain. Hal itu ditandai dengan semakin mendekatnya orbit Antlia ...
Ini Flying-V, Pesawat yang Dikembangkan KLM, Penumpang Duduk di Bagian Sayap
- Tuesday, 11 June 2019 - 13:37 WIB

Ini Flying-V, Pesawat yang Dikembangkan KLM, Penumpang Duduk di Bagian Sayap

Perusahaan penerbangan Belanda KLM mendanai pengembangan pesawat berbentuk V yang dirancang untuk lebih hemat bahan bakar, dengan menempatkan penumpang di ...
Dari Mana Aslinya Asal Usul Ganja? Ini Hasil Riset Ilmuwan
- Tuesday, 21 May 2019 - 05:15 WIB

Dari Mana Aslinya Asal Usul Ganja? Ini Hasil Riset Ilmuwan

Sekian lama diketahui, tanaman ganja berasal dari Asia Tengah. Namun satu studi baru sepertinya akan mengungkap di mana tepatnya genus ...
WhatsApp Android Resmi Berlakukan Pembatasan Fitur Penerusan Pesan, Maksimal 5 Penerima
- Tuesday, 22 January 2019 - 19:24 WIB

WhatsApp Android Resmi Berlakukan Pembatasan Fitur Penerusan Pesan, Maksimal 5 Penerima

WhatsApp resmi memberlakukan pembatasan fitur forward (penerusan) yang akan membatasi pengguna dari meneruskan pesan kepada lebih dari 5 individu atau ...
Paru-paru Ini Ubah Air Menjadi Energi Bersih
- Tuesday, 25 December 2018 - 14:09 WIB

Paru-paru Ini Ubah Air Menjadi Energi Bersih

Memasukkan air ke paru-paru tentu akan menjadi saat-saat yang buruk bagi semua manusia. Tetapi ketika air memasuki "paru-paru" jenis baru ...
Penampakan COSMO AzTEC-1, Nenek Moyang Galaksi Sejagat, Jaraknya 12,4 Miliar Tahun Cahaya dari Bimasakti
- Thursday, 30 August 2018 - 13:02 WIB

Penampakan COSMO AzTEC-1, Nenek Moyang Galaksi Sejagat, Jaraknya 12,4 Miliar Tahun Cahaya dari Bimasakti

Astronom berhasil merekam gambar paling tajam dari 'galaksi monster' yang mampu melahirkan bintang baru 1.000 kali lebih cepat daripada Bimasakti. ...
Place your ads here...