Sunday, 20 September 2020 | 18.00 WIB
Metro24Jam>SainsTek>Resmi! NASA Segera Buka Perjalanan Wisata dan Bisnis ke Stasiun Luar Angkasa

Resmi! NASA Segera Buka Perjalanan Wisata dan Bisnis ke Stasiun Luar Angkasa

Tuesday, 11 June 2019 - 13:07 WIB

IMG-153

Ilustrasi: Seorang astronot di Stasiun Luar Angkasa ISS. (Sciencealert)

Value IMP 160×600

FLORIDA, metro24jam.com – NASA baru saja mengumumkan bahwa mereka secara resmi telah mengizinkan warga biasa–non astronot–untuk terbang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, serta kegiatan komersial dan bisnis lainnya.

Tapi, tentu saja perjalanan itu tidak akan murah. NASA mematok harga tiket ke ISS bagi perusahaan swasta sekitar US$35.000 (Rp498 juta) per malam untuk penggunaan fasilitas stasiun, seperti dikutip ScienceAlert dari The New York Times.

Biaya itu juga belum termasuk apa yang akan ditagih perusahaan untuk transportasi ke dan dari Stasiun Luar Angkasa.

“Inovasi dan kecerdasan industri Amerika Serikat dapat mempercepat bisnis komersial yang berkembang di orbit rendah bumi,” tulis NASA dalam sebuah pernyataan.

Penelitian dan pengujian akan terus dilakukan di ISS untuk membantu NASA dengan rencananya untuk mendaratkan astronot Amerika di permukaan bulan pada 2024 mendatang.

Astronot telah melakukan pekerjaan penting di ISS selama 18 tahun, dan itu belum akan berhenti dalam waktu dekat.

NASA juga akan membuka kemungkinan kegiatan komersial dan bahkan pasar di Stasiun Luar Angkasa. Namun untuk itu, perusahaan yang berminat harus membuktikan bahwa mereka benar-benar membutuhkan lingkungan gayaberat mikro unik ‘untuk memungkinkan pembuatan, produksi atau pengembangan aplikasi komersial’.

Perusahaan yang berpusat di Las Vegas, Bigelow Aerospace, sudah berencana menggunakan roket SpaceX untuk mengantarkan hingga empat wisatawan sekaligus ke ISS.

Tapi mereka bukanlah orang biasa pertama yang mengunjungi ISS. Tujuh warga telah mengunjungi stasiun ruang angkasa dalam perjalanan yang diselenggarakan oleh Rusia, seperti yang dilaporkan The Times.

NASA will allow commercial and even marketing activities, but the companies will have to prove that they actually need the unique microgravity environment “to enable manufacturing, production or development of a commercial application.”

Las Vegas-based company Bigelow Aerospace is already planning to use SpaceX’s rockets to deliver up to four tourists at a time to the ISS.

They won’t be the first private individuals visiting the ISS. Seven citizens have visited the space station, as The Times reports, in trips organized by Russia. Anda berminat? (sci/asp)


KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Samsung Resmi Rilis Galaxy Z Fold 2, Ini Beberapa Fitur Mewahnya!
- Wednesday, 2 September 2020 - 12:41 WIB

Samsung Resmi Rilis Galaxy Z Fold 2, Ini Beberapa Fitur Mewahnya!

Samsung secara resmi telah meluncurkan ponsel baru Galaxy Z Fold 2, dapat dilipat dengan layar 7,6 inci dan ketebalan 27 ...
Pecinta Smartphone Apple, Ini Bocoran Terbaru iPhone 12!
- Wednesday, 2 September 2020 - 11:51 WIB

Pecinta Smartphone Apple, Ini Bocoran Terbaru iPhone 12!

Seiring datangnya musim gugur di benua Amerika, itu artinya Apple juga sedang melakukan persiapan peluncuran iPhone terbarunya. Tahun 2020 ini ...
Apple Luncurkan IOS 13.7 yang Bisa Berikan Peringatan Paparan Covid-19
- Sunday, 30 August 2020 - 19:44 WIB

Apple Luncurkan IOS 13.7 yang Bisa Berikan Peringatan Paparan Covid-19

Pembaruan Apple pada perangkat lunak iPhone memungkinkan penggunanya menerima pemberitahuan paparan virus corona tanpa harus mengunduh aplikasi dari pihak ketiga.Versi ...
Ilmuwan Uji 14 Jenis Masker, Yang Terburuk Malah Tingkatkan Penyebaran Covid-19
- Monday, 10 August 2020 - 19:43 WIB

Ilmuwan Uji 14 Jenis Masker, Yang Terburuk Malah Tingkatkan Penyebaran Covid-19

Para ilmuwan telah melakukan tes pada 14 jenis masker wajah dan menemukan bahwa beberapa di antaranya bahkan membuat risiko infeksi ...
Wanita Ini Hamil Perawan Setelah ‘Pemanasan’ dengan Pacar, Kok Bisa? Ini Penjelasannya
- Friday, 24 July 2020 - 20:15 WIB

Wanita Ini Hamil Perawan Setelah ‘Pemanasan’ dengan Pacar, Kok Bisa? Ini Penjelasannya

Seorang wanita yang dijuluki sebagai 'Perawan Maria' mengklaim bahwa dia mengandung anak pertamanya tanpa menjalani hubungan seksual. Tapi dokter di ...
Habiskan Tabungan Orangtua Rp311 M Untuk Main PUBG, Remaja Ini Disuruh Kerja Bengkel
- Saturday, 4 July 2020 - 14:34 WIB

Habiskan Tabungan Orangtua Rp311 M Untuk Main PUBG, Remaja Ini Disuruh Kerja Bengkel

Seorang remaja asal Punjab, India, telah menghabiskan tabungan orangtuanya setara ratusan miliar rupiah hanya untuk permainan PUBG (PlayerUnknown's BattleGround) Mobile. ...
Loading...