Wednesday, 2 December 2020 | 19.55 WIB
Metro24Jam>SainsTek>Pecinta Smartphone Apple, Ini Bocoran Terbaru iPhone 12!

Pecinta Smartphone Apple, Ini Bocoran Terbaru iPhone 12!

Wednesday, 2 September 2020 - 11:51 WIB

IMG-214

Tampilan yang disebut sebagai iPhone 12 dan 12 pro. (t3n)

Value IMP 160×600

CALIFORNIA, metro24jam.com – Seiring datangnya musim gugur di benua Amerika, itu artinya Apple juga sedang melakukan persiapan peluncuran iPhone terbarunya. Tahun 2020 ini juga kelihatannya akan seperti itu, meski penampilan gala mungkin berbeda dari kebiasaan bisnis perusahaan yang berbasis di Cupertino itu sebelumnya.

Apple telah mengonfirmasi peluncuran smartphone teranyarnya akan lebih lambat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, pihak Cupertino juga lebih banyak memilih tutup mulut terkait acara launching.

Namun, laman Engadget berhasil mendapatkan 4 unit iPhone terbaru yang diklaim bakal diluncurkan dan membedahnya.

Ada beberapa hal baru dari smartphone ini dilihat dari berbagai hal, terutama fitur dan tambahan akan dikhususkan untuk lini iPhone 12 dan iPhone 12 Pro.

Pertama, Apple disebut menggunakan layar OLED pada semua versi iPhone 12. Perubahan ini akan terlihat, terutama bagi pengguna iPhone XR dan iPhone 11, yang menggunakan layar ‘Liquid Retina’ Apple–yang sudah cukup bagus menurut standar LCD.

Akan tetapi ke depannya, para pengguna tentu tidak ingin membayar mahal untuk ponsel Apple hanya untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik.

Lebih penting lagi, iPhone 12 juga akan menggunakan chipset seluler terbaru dari perusahaan, yang sepertinya akan disebut A14 Bionic.

Masih harus menunggu selama beberapa pekan sebelum Apple menjelaskan manfaatnya secara penuh, namun pembuat chip TSMC memberikan sedikit bocoran dalam bentuk komentar belum lama ini.

A14 sepenuhnya didasarkan pada proses fabrikasi 5nm TSMC, yang menurut perusahaan akan menghasilkan kinerja sekitar 15 persen lebih cepat serta menghemat 30 persen konsumsi daya.

Hal itu memang tidak terlalu mengherankan, apalagi jika Anda menganggap A13 Bionic tahun lalu sudah terbukti menjadi chipset smartphone tercepat dengan minim konsumsi daya, setelah Apple akhirnya merangkul 5G.

Tahun 2020 sebagai awal 5G menjadi penting di dunia nyata. Jadi, tidak mengherankan jika semua iPhone baru Apple akan mendukung jaringan generasi terbaru itu, setidaknya, beberapa di antaranya.

Ada dua jenis jaringan 5G yang mengakar di seluruh dunia saa ini: sub-6 dan mmWave. Nama ini secara luas mengacu pada petak spektrum elektromagnetik dari masing-masing jaringan, tetapi tidak perlu khawatir tentang itu.

Semua iPhone baru Apple akan ‘bermain’ bagus dengan jaringan sub-6 yang lebih lebih umum dan mencakup lebih banyak area.

Pertanyaan lebih jauh adalah, ‘Model mana yang akan mendukung jaringan mmWave 5G dengan lebih cepat – tetapi terbatas secara geografis?’

Rumor awal mengatakan, bahwa fitur ini akan eksklusif pada iPhone 12 Pro, tetapi laporan terbaru menegaskan bahwa semua versi iPhone 12 bakal bisa memanfaatkan semua jaringan 5G.

Untuk saat ini, tampaknya memang demikian, tetapi masalah ini masih menjadi perdebatan hangat.

Apa Itu Seri iPhone 12?

iPhone XR dan iPhone 11 sangat menguntungkan Apple, dan tahun ini perusahaan tentu berharap dua versi iPhone 12 terbarunya akan melanjutkan tradisi tersebut.

Dasar iPhone 12 dikatakan mengemas layar OLED 5,4 inci, yang jika benar, akan menjadikannya sebagai smartphone terkecil di jajaran Apple.

Diketahui iPhone SE yang relatif berukuran kecil menggunakan layar 4,7 inci, tetapi secara fisik dianggap lebih besar dari seri 12.

Selain chipset A14 yang disebutkan sebelumnya, iPhone 12 diperkirakan akan tampil dengan RAM 4GB meskipun kapasitas penyimpanan tetap menjadi misteri.

Untuk saat ini, sepertinya kita akan melihat iPhone 12s dengan penyimpanan 128GB dan 256GB, tetapi beberapa leaker bersikeras akan ada model 64GB juga.

Sementara itu, iPhone 12 Max yang disebut akan tampi dengan layar 6,1 inci, akan terasa sangat mirip dengan iPhone 11. Terlepas dari perbedaan yang jelas, versi ini sepertinya akan didukung baterai yang lebih besar. Versi 12 Max dikatakan identik secara internal dengan adik kandungnya.

Meskipun demikian, kapasitas penyimpanannya juga belum diketahui secara pasti. Selain itu, apa pun versi iPhone 12 yang anda sukai, kedua model akan tetap menggunakan sistem kamera ganda belakang, meskipun detail tentang sensor kamera masih terbatas untuk saat ini.

Walau sebagian besar internal iPhone 12s telah diketahui, masih ada beberapa pertanyaan tentang desainnya.

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada 13 April, Bloomberg mengonfirmasi bahwa seri iPhone 12 Pro kelas atas akan tampil dengan desain baru yang lebih bersudut, terinspirasi oleh iPad Pro baru-baru ini. Meski begitu, laporan tersebut juga tidak memastikannya.

Sejak itu, beberapa model tiruan dengan desain baru yang dinilai telah dibuat sesuai spesifikasi Apple tentang iPhone 12 bermunculan.

Perubahan desain lain yang mungkin dilakukan termasuk tweak baru yang berukuran 30 persen lebih kecil daripada yang ditemukan di ponsel Apple saat ini. Tetapi, hingga saat ini juga belum ada konsensus tentang potensi perubahan tersebut. (eg/asp)


KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Samsung Resmi Rilis Galaxy Z Fold 2, Ini Beberapa Fitur Mewahnya!
- Wednesday, 2 September 2020 - 12:41 WIB

Samsung Resmi Rilis Galaxy Z Fold 2, Ini Beberapa Fitur Mewahnya!

Samsung secara resmi telah meluncurkan ponsel baru Galaxy Z Fold 2, dapat dilipat dengan layar 7,6 inci dan ketebalan 27 ...
Apple Luncurkan IOS 13.7 yang Bisa Berikan Peringatan Paparan Covid-19
- Sunday, 30 August 2020 - 19:44 WIB

Apple Luncurkan IOS 13.7 yang Bisa Berikan Peringatan Paparan Covid-19

Pembaruan Apple pada perangkat lunak iPhone memungkinkan penggunanya menerima pemberitahuan paparan virus corona tanpa harus mengunduh aplikasi dari pihak ketiga.Versi ...
Ilmuwan Uji 14 Jenis Masker, Yang Terburuk Malah Tingkatkan Penyebaran Covid-19
- Monday, 10 August 2020 - 19:43 WIB

Ilmuwan Uji 14 Jenis Masker, Yang Terburuk Malah Tingkatkan Penyebaran Covid-19

Para ilmuwan telah melakukan tes pada 14 jenis masker wajah dan menemukan bahwa beberapa di antaranya bahkan membuat risiko infeksi ...
Wanita Ini Hamil Perawan Setelah ‘Pemanasan’ dengan Pacar, Kok Bisa? Ini Penjelasannya
- Friday, 24 July 2020 - 20:15 WIB

Wanita Ini Hamil Perawan Setelah ‘Pemanasan’ dengan Pacar, Kok Bisa? Ini Penjelasannya

Seorang wanita yang dijuluki sebagai 'Perawan Maria' mengklaim bahwa dia mengandung anak pertamanya tanpa menjalani hubungan seksual. Tapi dokter di ...
Habiskan Tabungan Orangtua Rp311 M Untuk Main PUBG, Remaja Ini Disuruh Kerja Bengkel
- Saturday, 4 July 2020 - 14:34 WIB

Habiskan Tabungan Orangtua Rp311 M Untuk Main PUBG, Remaja Ini Disuruh Kerja Bengkel

Seorang remaja asal Punjab, India, telah menghabiskan tabungan orangtuanya setara ratusan miliar rupiah hanya untuk permainan PUBG (PlayerUnknown's BattleGround) Mobile. ...
Alat Vital Luka Lantaran Kebanyakan Nonton Sex Game, Pria di AS Gugat Twitch Rp357 M
- Friday, 26 June 2020 - 17:41 WIB

Alat Vital Luka Lantaran Kebanyakan Nonton Sex Game, Pria di AS Gugat Twitch Rp357 M

Seorang pria di Amerika Serikat melayangkan gugatan terhadap layanan game live-streaming Twitch senilai US$25 juta atau lebih kurang Rp357 miliar ...
Loading...